ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA TAMAN PENITIPAN ANAK

Eunike Milasari Listyaningrum

Abstract


The reseacrh was to analyze teacher professional competence of daycare. The study is a qualitative descriptive study using data-collecting techniques using interviews, observation, and documentation. The subject of this study is teacher at the daycare Taman Belia Candi Semarang. The data analysis techinique in this study uses the interactive model analysis developed by Miles and Huberman. The steps in Miles and Huberman analysis model include data reduction, data presentation, and deduction. The result of this study suggest that the teacher’s professional competence with daycare was looking well. Teacher understand and master the materials presented to learners, teacher use media and visual tools, and teacher also actualize themselves into growing personages by developing professional competence through competency support activities conducted by various parties.

Keyword: Professional competence, Teacher, Daycare

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru pada taman penitipan anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru pengasuh pada TPA Taman Belia Candi Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Langkah-langkah dalam model analisis Miles and Huberman antara lain reduksi data, penyajian data, da penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru pada taman penitipan anak terlihat dengan baik. Guru memahami dan menguasai materi yang disampaikan kepada peserta didik, guru menggunakan media dan alat peraga serta guru juga mengaktualisasikan diri menjadi pribadi yang terus berkembang dengan mengembangkan kompetensi keprofesionalan melalui kegiatan penunjang kompetensi yang diadakan oleh berbagai pihak. 

Kata Kunci: Kompetensi profesional, Guru, Taman Penitipan Anak


Keywords


Kompetensi profesional, Guru, Taman Penitipan Anak

References


Dyah, & Nila Fitria. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Audhi, Vol 03 No, 2 Januari, 67-74.

Hidayati, A., N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan. 8(1), 1-9.

Kamtini. (2015). Pendidikan anak usia dini bagi ibu yang bekerja di luar rumah. JURNAL Pengabdian Kepada Masyakarat. 21(80), 40-45.

Patmonodewo, S. (2013). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rieka Cipta.

Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455-8466.

Romhal, & Rumadani Sagala. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 06 Issue 1, 231-238.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanatun, Alif Muarifah, dkk. (2019). Peran Taman Penitipan Anak (TPA) terhadap orangtua (Ibu) yang bekerja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 221-226.

Wasithohadi, Lobby L, dkk. (2017). Panduan Magang I Observasi dan Refleksi. Salatiga: Satya Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com