ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING MENURUT TEORI FROEBEL PADA ANAK USIA DINI

Nurhusna Kamil, Hibana Hibana

Abstract


Playing while learning is commonly known as outdoor learning. This learning was previously initiated by Froebel as the father of kindergarten. In its application to PAUD institutions, there are many benefits to children's development if this type of learning is applied, such as increasing cognitive, social-emotional, language, artistic, religious and moral values and physical motor development. There have been many previous studies discussing this learning. This study will analyze related to previous research that has discussed outdoor learning in the learning process. For research methods using library research by collecting data from books, journals from previous research results which are then processed in several stages so as to get conclusions according to research needs. Data analysis techniques in research began with identifying problems, collecting library data, filtering library sources and tabulating data and analysis. The purpose of the research was conducted to analyze the extent to which the linkages to outdoor learning can improve every aspect of child development

Bermain sambil belajar biasa dikenal dengan istilah pembelajaran outdoor learning. Pembelajaran ini telah dicetuskan sebelumnya oleh Froebel sebagai bapak kindergarten. Dalam penerapannya pada lembaga PAUD, banyak manfaat yang diperoleh terhadap perkembangan anak jika jenis pembelajaran ini diterpakan seperti meningkatkan perkembangan kognitif, sosial emosional, bahasa, seni, nilai gama dan moral serta peningkatan dalam fisik motorik. Telah banyak penelitian sebelumnya membahas tentang pembelajaran ini. Penelitian ini akan menganalisis terkait penelitian sebelumnya yang telah membahas pembelajaran outdoor learning pada proses pembelajaran. Untuk metode penelitian menggunakan library research dengan menghimpun data dari buku, jurnal hasil penelitian sebelumnya yang kemudian diolah dalam beberapa tahapan sehingga mendapatkan kesimpulan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik analisis data pada penelitian dimulai dengan identifikasi masalah, pengumpulan data pustaka, penyaringan sumber pustaka serta tabulasi data dan analisis. Tujuan penelitian dilakukan untuk menganalisis sejauh mana keterkaitan pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan setiap aspek perkembangan anak


Keywords


Analisis, Outdoor Learning, Froebel

References


Ashifa, N. (2019). Implementasi Outdoor Learning Sentra Bermain Peran Dalam Mengembangkan Motorik Kasar (Studi Deskriptif pada Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Alam Sayang Ibu). JEA: Jurnal Edukasi AUD, 5(1).

Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Astuti, R., N, Z., & Febrialismanto. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Sains Tentang Alam Dan Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 37–45.

Brehony, K. J. (2013). PLAY, WORK AND EDUCATION: SITUATING A FROEBELIAN DEBATE Juego, trabajo y educación: situando un debate froebeliano.

Ismawati, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Outdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kecamatan Kenjeran Surabaya. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 64–78.

Jasminto. (2017). Konsep Pendidikan Anak Prespektif Fredrich Froebel: Telaah Filosofis, Sosiologis dan Psikologis Pendidikan Islam. Proceedings Ancoms 2017: Konsep Pendidikan Anak Perspektif Fredrich Froebel.

Kurniawan, R. (2021). Taman Edukasi PAUD sebagai Outdoor Learning Environment. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38529

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Revisi). CV.CAMPUSTAKA.

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.

Priyamana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Pengaruh Project Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Perilaku Belajar Anak di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). file:///C:/Users/Acer/Downloads/1720-4843-1-PB.pdf

ROSZAK, M. (2018). FRIEDRICH FROEBEL’S PEDAGOGICAL CONCEPT WITHIN POLISH PRE-SCHOOL EDUCATION – THE REVIVAL OF 19TH CENTURY THOUGHT IN MODERN INSTITUTIONAL UPBRINGING OF CHILDREN. Society Register, 2(2), 149–162. https://doi.org/10.14746/sr.2018.2.2.08

Sujiono, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (B. Sarwiji (ed.); 8th ed.). PT Indeks Permata Puri Media. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com