IMPLEMENTASI MEDIA GOOGLE FORM SEBAGAI HOMEWORK ASSIGMENT PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS V
Abstract
IMPLEMENTASI MEDIA GOOGLE FORM SEBAGAI HOMEWORK ASSIGMENT PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS V
Tujuan penelitian ini yaitu menjadikan media google form sebagai alat evaluasi pembelajaran dan memanfaatkan media TIK sebagai wujud inovasi pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman. Dimana aktivitas dalam analisis data yaitu: data reduction, data display, dan data conclusion. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi media Google Form sebagai Homework Assigment atau pekerjaan rumah ini tidak diberikan setiap hari atau setiap sekali pembelajaran. Setelah proses pembelajaran selesai guru menginformasikan kepada seluruh peserta didik bahwa setelah pulang sekolah di informasikan untuk melihat grup whatsApp karena akan ada link PR berbasis media Gooform. Kendala hanya terletak pada akses internet yang mana terkadang semua peserta didik ada yang tidak mempunyai kuota dan hp yang terkadang ada yang belum memliki secara pribadi. Manfaat dari implementasi ini Peserta didik menjadi lebih semangat belajar karena variasi PR yang sangat mudah dan praktis. Selain itu juga membantu mempermudah pekerjaan guru dalam penilaian. Guru tidak perlu mengoreksi satu persatu karena dalam google form akan otomatis muncul skor nilai peserta didik.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v13i1.7876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.