Pola asuh orang tua terhadap anak yang mengalami Permasalahan Tantrum di Usia Dini

Nala Siti Rohimah, Amanatul Aulya Kurnia, Sima Sima Mulyadi, Purwati Purwati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari pola asuh yang tepat dalam mengatasi anak yang mengalami permasalahan tantrum di usia dini. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research atau studi pustaka. Library research merupakan salah satu jenis metode penelitian yang dapat diamati dari tempat pengambilan data, alasan mengapa disebut penelitian kepustakaan atau library research karena informasi, data, atau bahan-bahan lainnya yang sangat dibutuhkan dalam penyusunan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan dari data hasil penelitian library research atau studi pustaka yang dilakukan wawancara terhadap orang tua dari anak ZS, pola asuh orang tua dalam mengatasi anak yang mempunyai perilaku tantrum di usia dini yaitu dengan memahami terlebih dahulu apa yang anak inginkan, pengimplementasian dari pola asuh tersebut dapat mengurangi atau mengatasi perilaku anak yang mengalami tantrum di usia dini. Simpulan dari penelitian ini adalah Melalui pola asuh yang tepat yang diberikan kepada anak diharapkan anak yang memiliki temper tantrum bisa berkembang, mampu mengendalikan, mengelola serta mengekspresikan emosinya dengan emosi yang positif, sehingga anak dapat bersosialisasi, bereksplorasi dan berkomunikasi dengan lingkungan yang berada di sekitar nya. Sebagai orang tua diharuskan untuk mengetahui dan mengenal ciri anak tantrum dan bagaimana cara mengatasinya,

The purpose of this study is to find the right parenting style in dealing with children who experience tantrum problems at an early age. The methodology used in this research is the method used in this research, namely library research or literature study. Library research is a type of research method that can be observed from where the data is collected. The reason why it is called library research is because the information, data, or other materials are needed in the preparation of the research. The results of this study are based on data from library research or literature studies conducted by interviewing parents of ZS children, parenting patterns in dealing with children who have tantrum behavior at an early age, namely by first understanding what the child wants, implementing from this parenting style can reduce or overcome the behavior of children who experience tantrums at an early age. The conclusion of this study is that through proper parenting given to children it is hoped that children who have temper tantrums can develop, be able to control, manage and express their emotions with positive emotions, and so that children can socialize, explore and communicate with the environment around them.

 


Keywords


Pola asuh, Orang Tua, Permasalahan, Tantrum, Anak

References


ALINI, A., & JANNAH, W. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN PERMATA. Jurnal Ners, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31004/JN.V3I2.395

Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia Aiman Faiz, T., Soleh, B., & Kurniawaty, I. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766–1777. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1014

Ayi Nurlita, T., & Mulyadi, S. (2020). LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. 4(1), 85–95.

Falaah, M., & Nurfadilah, I. (2021). Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini untuk Mengatasi Temper Tantrum pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.21831/JPA.V10I1.28831

Hadiati, E., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). PRESCHOOL POLA ASUH OTORITER DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK 4-5 TAHUN DI RA AL-ISHLAH: Pola Asuh Otoriter dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak 4-5 Tahun di RA AL-ISHLAH. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 68–79. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V5I2.1326

Hardiyanti, W. D., & Astrini, S. R. (2020). PENGGUNAAN METODE BERMAIN SECARA BERKELOMPOK PADA KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.33578/JPSBE.V9I1.7674

Herawati, N. I. (2012). MENGHADAPI ANAK USIA DINI YANG TEMPER TANTRUM. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/CD.V3I2.10338

Istiqomah Hidayati Raden Ajeng Kartini Temandang, N. T. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD. 3(01), 1–8.

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. (n.d.). Retrieved July 29, 2023, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Masni, H. (n.d.). PERAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA TERHADAP PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN KREATIVITAS SISWA.

PENGELOLAAN PERILAKU TANTRUM OLEH IBU TERHADAP ANAK USIA 12-48 BULAN | Lestari | Proyeksi: Jurnal Psikologi. (n.d.). Retrieved May 7, 2023, from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/15880

Pradipta, D., Mulyadi, S., & Rahman, T. (2021). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(2), 211–218. https://doi.org/10.17509/JPA.V5I2.40744

Santy, W. H., & Irtanti, T. A. (2014). POLA ASUH ORANG TUA MEMPENGARUHI TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI PAUD DARUN NAJAH DESA GADING, JATIREJO, MOJOKERTO. Journal of Health Sciences, 7(1). https://doi.org/10.33086/JHS.V7I1.490

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/JPA.V4I1.27206

Sekar Kirana, R., & Psikologi, J. (2013). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH. Developmental and Clinical Psychology, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dcp/article/view/2576

Zakiyah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Usia Toddler Di Dukuh Pelem Kelurahan Baturetno Banguntapan Bantul. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37341/INTEREST.V6I1.83




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i2.7859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot

Slot Online

https://champagne-christophe-mignon.com

scatter hitam

mahjong ways 2

100 slot gacor

sarang slot

Pandawin

link slot

login bos303

situs toto

pkv games