ANALISIS CAPAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK
Abstract
This study aims to analyze the achievement of Higher Order Order Thinking Skills (HOTS) in early childhood through project-based learning. This research is a qualitative descriptive study. Collecting data using interviews, observation, and documentation. The subjects of this study were class teachers and students at Alam Efata Bersinar Kindergarten, Salatiga City. Data analysis techniques used interactive analysis of the Miles and Huberman models with data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the percentage of children's HOTS achievements while participating in project-based learning was 63.7%. The achievement of skills includes the skills of choosing, organizing, combining, proving, choosing, differentiating, analyzing, creating, combining, finding, collecting, concluding, and categorizing. Furthermore, the application of the guidelines for implementing project learning in early childhood education, as well as teachers' readiness and maturity in preparing project-based learning, supported the HOTS achievements of early childhood in this study
PPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis capaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) anak usia dini melalui pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek penelitian ini diantara yaitu guru kelas serta peserta didik di TK Alam Efata Bersinar, Kota Salatiga. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase capaian HOTS anak selama mengikuti pembelajaran berbasis proyek sebesar 63,7%. Capaian keterampilan meliputi keterampilan memilih, mengatur, memadukan, membuktikan, memilih, membedakan, menganalisis, mengkreasikan, menggabungkan, menemukan, mengumpulkan, menyimpulkan dan mengkategorikan. Selain itu capaian HOTS anak usia dini dalam penelitian ini juga juga didukung dengan penerapan metode projek yang sesuai pedoman panduan penyelenggaraan pembelajaran projek di PAUD serta kesiapan dan kematangan guru dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis projek
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardiana, D. P. Y. dkk. (2021). Metode Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis
Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy. Vol. 6, No. 2, 180-203
Haryati, L.F. & Wangid, M.N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial, Vol 12, No 1
Kemendikbud. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Saluran Informasi dan Pengaduan Seputar Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Kemendikbud. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Jakarta
Mewar, S., Eva, N., & Farida., I.A. (2021). Kesiapan Guru PAUD dalam Menerapkan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek di PAUD Al Ghoniya. PROSIDING: Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), Vol. 1, No. 1, pp. 15-22.
Nur’aini, S. C. ., Hanti, M. D. N., Cahya, N. F. R. ., & Damariswara, R. (2022). Analisis Perbedaan Model Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Prototype 2022 Berbasis Buku Panduan Guru Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 603–615. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1986
Putri, S.U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Sumedang: UPI Sumedang Press
Purnamasari, I., Handayani, S. S. D., & Formen, A., (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD melalui Pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES
Rahardjo, M.M & Maryati,S. (2021). Buku Panduan Guru, Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Rusydiana, Nuriman & Wardoyo, A.A (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume V, Nomor 1
Sari, A.Y. & Astuti, R.D., (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Motoric: Media of Teaching- Oriented and Children. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Sudaryana, B., & Agusiady, H. R. R., (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Sulaiman, Salmiati. (2020) Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Anak Usia Dini. SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, Volume 5 Nomor 1, 1-10.
Sulistyati, D.M., Wahyaning, S., & Wijania, I.W, . (2021). Buku Panduan Guru: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Trimuliana, I., Zulfikar, & Permana, R., (2022). Aktivitas Fisik sebagai Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Tasikmalaya: EDU Publisher
Wilujeng, E., Sari, N.E., & Berlianantiya, M. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) untuk Peningkatan High Order Thinking Skills Siswa Kelas X Otomatisasi Perkantoran pada Pembelajaran Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 5 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), Volume 1, 420-428
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.