ANALISIS METODE SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN DI PAUD

Nurhusni Kamil, Hibana Hibana

Abstract


Scaffolding is a method given by adults either from parents or teachers to children who can help children solve problems that are being faced during learning. Providing assistance will stop to the child if the child has been able to complete the task being completed. This means that in this case parents and teachers will still give children freedom and responsibility for the tasks given. In PAUD units the application of the scaffolding method needs to be carried out so that when children experience difficulties they do not give up and continue to do the assignments given through the help of the teacher. The research method used is in a qualitative form by using a library research. The purpose of this research is to find out the scaffolding method in learning in PAUD. The new finding in this study is information for all parents and teachers as practitioners in PAUD


Scaffolding merupakan suatu metode yang diberikan oleh orang dewasa baik dariorang tua ataupun guru kepada anak yang dapat membantu anak menyelesaikan permasalahan yang sedang di hadapi selama pembelajaran. Pemberian bantuan akan dihentikan kepada anak jika anak telah mampu menyelesaikan tugas yang sedang diselesaikan. Artinya dalam hal ini orang tua dan guru tetap akan memberikan anak kebebasan dan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Dalam satuan PAUD penerapan metode scaffolding perlu dilakukan agar ketika anak mengalami kesulitan anak tida menyerah dan tetap mau mengerjakan tugas yang diberikan melalui bantuan-bantuan dari guru. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk kualitatif dengan menggunakan tinjauan Pustaka (library research). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui metide scaffolding pada pembelajaran di PAUD. Temuan baru dalam penelitian ini adalah informasi kepada semua orang tua dan guru sebagai praktisi di PAUD


Keywords


Analisis, Metode Scaffolding, Pembelajaran di PAUD

References


Etnawati, Susanti (2022), ‘Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan, 22.2, 130–38

Syah, Akhmad, dkk, (2022), ‘Implementasi Teknik Scaffolding Untuk’, Awwaliyah; Jurnal PGMI, 5.1 82–93

Musfiqon, Nurdyansyah (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo:

Nizamul Learning Centre. 2022 Pendidikan, J. E., Froebel, T., Anak, P., & Dini, U. (2023). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING MENURUT. 12 (1), 12–16.

Renti Oktaria. (2014), Evaluasi Program Implementasi Pendekatan Beyond Center And Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Usia DIni, JPUD. Volume 8 Nomor 4.

Syah, Akhmad, et al. (2022) Implementasi Teknik Scaffolding Untuk.” Awwaliyah; Jurnal PGMI, vol. 5, no. 1, pp. 82–93.

Walujo, Djoko Adi dan Anies Listyowati (2017) Kompendium PAUD; Memahami PAUD secara Singkat. Depok: Prenadamedia Group.

Yakub, N. D. (2022). Penggunaan Media Big Book Berbasis Budaya Minangkabau Dalam Meningkatkan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 11(2), 45–50. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2931948

Yulianti Kesuma Dewi (2016) Hubungan Antara Kematangan Emosi anak Usia Dini dan Metode BCCT (Beyond Center adn Circle Time) ditinjau dari Pemahaman Orang Tua Siswa dan Guru di PAUD Pelangi dan Mega Buana. Jurnal Untag-smd.

Zukhairina,dkk (2022) Membangun Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini(AUD) dengan Scaffolding disentra Balok pada PAUD Sekolah Al falah Ciracas Jakarta Timur. At Tasyrih Pendidikan Jurnal Pendidikan Islam. Volume 8 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.