Taksonomi Pada Soal Ujian Akhir Semester Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan

Erlin Nurrohmah, Muhammad Mukhlis

Abstract


This research aims to know the cognitive level which countained in final exams questions. The cognitive level of Taksonomi Bloom level has six levels: remember, understand, apply, analyze, evaluate, and create. The research problem is knowing and analyzing the taxonomy bloom in the exam question.) use the theory used in this research. The research method is content analysis to know the cognitive taxonomy in question. This method uses a qualitative approach. The data collection technique in this research is documentation, exam question, and hermeneutic technique (read, write, and conclude). Data analysis techniques used in this research are reduction data, exposure data, and conclusion or verification. This research has found that the most question is (C1) categorize, remember. Meanwhile, the question with categorize (C4) analysis, (C5) evaluation, and (C6) creation is not found.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui level kognitif yang terdapat pada soal ujian akhir semester. Taksonomi Bloom level kognitif memilki 6 tingkatan diantaranya mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis taksonomi bloom dalam soal ujian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anderson & Krathwohl (2017). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode konten analisis untuk mengetahui taksonomi ranah kognitif pada soal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi soal ujian dan teknik hermeneutik (baca, catat, dan simpulkan). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan soal yang paling terbanyak adalah yang berkategori (C1) mengingat, sedangkan soal berkategori (C4) menganalisis,(C5) mengevaluasi, dan (C6) mencipta tidak ditemukan.


Keywords


Level Kognitif, Soal Ujian, Taksonomi Bloom.

References


Anderson, L. W. dan D. R. K. (2017). Kerangka landasan untuk pembelaaran, pengajaran, dan asesmen (L. Anderson (ed.)). Pustaka Pelajar.

Erniyanti, dkk. (2020). analisis ranah kognitif soal latihan berdasarkan taksonomi bloom revisi pada buku fisika kelas X (studi pada buku karya ni ketut lasmi). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1, 115–123.

Kemendikbud. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah.

Moleong, L. j. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mukhlis, M. dkk. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajarann Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109–120.

Mulatsih, B. (2021). penerapan taksonomi bloom revisi pada pengembangan soal kimia ranah pengembangan. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6 no 1.

Nabilah, Stepnanus, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Implus. JIPPF, 1, 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Susanto, A. dkk. (2021). Cogtive Level Analysis Of Problems In The Worksheets Of Students (WS) Mathematics Of Junior High School. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 75–85.

Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik, 3(2), 18–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.