PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21
Abstract
The Problem-Based Learning Approach (PBL) is a learning model that focuses on solving problems through problem solving and critical thinking. This model enables students to use 21st century skills such as collaboration, communication, creativity, and technological capabilities necessary to deal with the problems of the modern world. PBL is a flexible method that can be adapted to certain classes and even certain study programs. With this model, students can be directed to solve problems in different ways, including by combining information and using technology. This article also reviews the competencies and characteristics of 21st century teachers as well as a problem-based learning approach (PBL) to improve 21st century skills. The data source is in the form of results: research results that have been published in journals, conference proceedings, relevant theories, and other relevant sources. According to a review of the literature, the problem-based learning (PBL) approach has several important benefits for students, particularly in preparing them to face challenges as they mature. Students can develop the ability to think critically, cooperate with others, think creatively, and make the right decisions. In addition, the problem-based learning approach (PBL) can also help students develop 21st century skills such as the ability to communicate, think critically, solve problems, adapt well, and learn continuously
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah model pembelajaran yang memusatkan pada memecahkan masalah melalui pemecahan masalah dan berfikir kritis. Model ini memungkinkan siswa untuk menggunakan keterampilan abad 21 seperti kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan kemampuan teknologi yang diperlukan untuk menghadapi masalah dunia modern. PBL merupakan metode yang fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kelas tertentu dan bahkan program studi tertentu. Dengan model ini, siswa dapat diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara yang berbeda, termasuk mengkombinasikan informasi dan menggunakan teknologi Artikel ini juga mengulas tentang Kompetensi dan Karakteristik Guru Abad 21 Serta Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Sumber data berupa hasil-hasil penelitianyang telah dipublikasikan dalam jurnal, conferen prosiding, teori-teori yang relevan, dan sumber lain yang relevan.Berdasarkan kajian berbagai literatur tersebut Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) memiliki beberapa manfaat penting bagi siswa, khususnya untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di kehidupan dewasa. Siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, bekerja sama dengan orang lain, berpikir kreatif, dan membuat keputusan yang tepat. Selain itu, Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan abad 21 seperti kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, beradaptasi dengan baik, dan belajar secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin, Y. (2017). Analisis miskonsepsi asam basa pada pembelajaran konvensional dan dual situated learning model (DSLM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 385-391.
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46.
Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 37-56.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5, 1-7.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn?. Educational psychology review, 16(3), 235-266.
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.
Ghosh, S. K. (2017). Cadaveric dissection as an educational tool for anatomical sciences in the 21st century. Anatomical sciences education, 10(3), 286-299.
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
NA, N. (1997). Teacher education in America: Reform agendas for the twenty-first century. Springer.
Wardani, I. G. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1), 32-44.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., ... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Wijoyo, H. (Ed.). (2021). Strategi pembelajaran. Insan Cendekia Mandiri.
Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13, pp. 1-18).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.
Sobariah, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang kecamatan Batununggal Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.
Barell, J. (2010). Problem-based learning: The foundation for 21st century skills. 21st century skills: Rethinking how students learn, 175-199.
Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto, S. (2018). Higher order thinking skills as effect of problem based learning in the 21st century learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96-105.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.