INTERAKSI SOSIAL SAAT PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA/I TADRIS IPS 3 UIN SUMATERA UTARA

Rian Rifki Eliandy, Amini Amini, Muhammad Heriadi, En Riskinta Tumanggor, Etti Aini Hasibuan

Abstract


This article was created with the title Social Interaction During Online Learning in Tadris IPS 3 Students at UIN North Sumatra. This article was created with the aim that all of us and all related parties can find out how the feelings and conditions are felt by the students of Tadris IPS 3 Stambuk 2019 Uin North Sumatra, which with this article can be material for consideration and thoughts for related parties. in taking policy. This happens because online learning is not just a day or two, but has been happening for about 2 years. Because such a long time has disrupted the teaching and learning process or lectures at Tadris IPS 3 Stambuk 2019. It is appropriate to say this because during this online lecture process, there are many materials that are difficult to understand, changing lecture hours, ongoing assignments and so on. This article was created using qualitative research methods. Various responses have been given in response to online learning or lectures so far. However, social interaction is important and a necessity in our lives.

 

Artikel ini dibuat dengan judul Interaksi Sosial Saat Pemebelajaran Online Pada Mahasiswa/I Tadris IPS 3 UIN Sumatera Utara. Artikel ini dibuat dengan tujuan agar kita semua dan seluruh pihak terkait bisa mengetahui bagaimana perasaan dan keadaan yang dirasakan oleh para Mahasiswa/I Tadris IPS 3 Stambuk 2019 Uin Sumatera Utara, yang mana dengan adanya artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan pemikiran bagi para pihak terkait dalam mengambil kebijakan. Hal ini terjadi kerena pembelajaran online ini bukan sehari-dua hari saja, teteapi sudah terjadi kurang lebih selam 2 tahun. Karena waktu yang begitu lama tersebutlah menjadikan proses belajar mengajar atau perkuliahan di Tadris IPS 3 Stambuk 2019 menjadi terganggung. Hal pantas dikatakan demikian karena selama proses perkuliahan secara online ini, banyak mataeri-materi yang sulit untuk dipahami, jam kuliah yang berganti, tugas yang terus ada dan lain sebagainya. Artikel ini dibuat dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Beragam respon yang diberikan dalam menanggapi pemebelajaran atau pekuliah online selama ini. Bagaimanapun juga, interaksi sosial meruapakan yang penting dan menjadi kebutuhan dalam hidup kita.

 


Keywords


Social Interaction, Online Learning Kata Kunci : Interaksi Sosial, Pembelajaran Onlien

References


Alam, S. O. (2021). Kapan COVID-19 Masuk ke Indonesia? Begini Kronologinya. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5781536/kapan-covid-19-masuk-ke-indonesia-begini-kronologinya/amp

Astuti, S. (2021). Dinamika Interaksi Sosial: Studi Kasus Pada Mahasiswa Berasal Dari Bima Di Unversitas Muhammadiyah Makassar. FKIP Program Studi Sosiologi Pendidikan.

Dkk, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD. Jurnal Educhild: Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 11(2).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat, A. (2015). Sosiologi Pendidikan. Ideas Publishing.

Sudarmi, S. dan W. I. (n.d.). Sosiologi 1: Untuk Kelas X SMA dan MA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i1.7837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.