ANALISIS PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PANDEMI COVID-19

Melisa Prawitasari, Kristin Imanuel, Heri Susanto, Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


The Covid-19 (coronavirus disease) that occurred in Indonesia changed the education system. The teaching and learning process which was originally carried out face-to-face in class, then changed remotely online (in a network). The implementation of online learning has various impacts on students, including changes in their learning behavior. The purpose of this study was to analyze the learning behavior of students during online learning. The approach used in the study used a descriptive qualitative approach. The subjects in the study were history teachers and students of class X IPS 1. While the objects were carried out at SMA Negeri 12 Banjarmasin. Data collection techniques were obtained through observation, interviews, and various sources obtained through the internet. Miles and Huberman's interactive analysis is used by researchers to analyze the learning behavior of students. The results showed that the learning behavior of students decreased during online learning. This is because students feel bored and bored during online learning. Changes in learning behavior experienced such as undisciplined, irresponsible, less appreciative of learning, less active and low interest in learning

 

Kondisi pandemi Covid-19 (coronavirus disease) yang terjadi di Indonesia merubah sistem pendidikan. Proses belajar mengajar yang semula dilaksanakan secara tatap muka di kelas, kemudian berubah dengan jarak jauh secara daring (dalam jaringan). Pelaksanaan pembelajaran daring memberikan berbagai dampak terhadap peserta didik, termasuk adanya perubahan pada perilaku belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perilaku belajar peserta didik pada saat pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripif. Subjek dalam penelitian guru sejarah dan peserta didik kekas X IPS 1. Sedangkan objeknya dilakukan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, dan berbagai sumber yang diperoleh melalui internet. Analisis interaktif Miles dan Huberman digunakan oleh peneliti untuk menganalisis perilaku belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar peserta didik mengalami penurunan saat pembelajaran daring. Hal ini disebabkan peserta didik merasa jenuh dan bosan selama pembelajaran daring. Perubahan perilaku belajar yang dialami seperti tidak disiplin, tidak bertanggung jawab, kurang mengapresiasi pembelajaran, kurang aktif dan rendahnya minat belajar.


Keywords


online learning; learning behavior; history learning

References


Anis, M. Z. A., Susanto, H., & Fathurrahman, F. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3358

Familus, F. (2016). Teori Belajar Aliran Behavioristik Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2).

Fathurrahman, F., Susanto, H., Yuliantri, R. D. A., & Abbas, E. W. (2022). Analisis Pembelajaran Kooperatif dalam Penerapan Blended Learning Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 733–739.

Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784

Ilyas, I. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5316

Iswari, D. R., Setiawan, D., & Huda, W. N. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS IV DI SD BULUNGCANGKRING SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1), 42–47. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7181

Kemendikbud, R. I. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan.

King, L. A. (2010). Psikologi Umum: Sebuah Pengantar Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Kusnan, A., Sulastrianah, S., & Rhenislawaty, R. (2020). Peningkatan Peran Civitas Perguruan Tinggi Dalam Upaya Tanggap Bencana Nasional Melalui Edukasi dan Pencegahan Penyebaran Wabah Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Kolaka. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 257–265. https://doi.org/10.52423/anoa.v2i1.15161

Li, Q., Guan, X., Wu, P., Wang, X., Zhou, L., Tong, Y., … Feng, Z. (2020). Early Transmission Dynamics in Wuhan, China, of Novel Coronavirus–Infected Pneumonia. New England Journal of Medicine, 382(13), 1199–1207. https://doi.org/10.1056/NEJMoa2001316

Mahrani, N., Ritonga, A., Hasibuan, M. K., & Harahap, S. E. (2020). ANALISIS SISI NEGATIF MORALITAS SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 56–63. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.227

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 103–113.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Putriana, C., & Noor, N. L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1642

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sari, G. A. (2020). DAMPAK SISTEM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) DARING AKIBAT COVID-19 TERHADAP SISWA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 462. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.848

Supriatna, E. (2020). WABAH CORONA VIRUS DISEASE (COVID 19) DALAM PANDANGAN ISLAM. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247

Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Suttrisno, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i1.7781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com