ANALISIS PROGRAM LAYANAN HOLISTIK INTEGRATIF MELALUI PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPP

Sumarseh Sumarseh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mengevaluasi program layanan holistik integratif di TK Tanivo ananda dengan menggunakan analisis CIPP. Metode yang digunakan analisis model CIPP. Sedangkan hasil peneltian yang diperoleh TK Tanivo ananda telah menggunakan kurikulum 2013, telah membuat MOU kepada beberapa instansi maupun usaha masyarakat setempat terkait kelima program layanan. kerjasama dengan dinas pendidikan, memiliki dan mengaplikasikan SOP(standart opersional Prosedur) untuk setiap program layanan. Dari beberapa MOU dengan tujuan kerjasama dengan beberapa instansi dan usaha masyarakat, salah satu yang memiliki peranan paling besar adalah bekerjasama dengan Perkebunan Ujung Tanjung PT Ivomas Tunggal. Yaitu dalam layanan mensejahterakan baik guru maupun anak didik berupa tempat tinggal dan upah guru, pengadaan gedung  yang  nyaman , bekerjasama dengan puskesmas pembantu setempat untuk Deteksi Dini, pengukuran berat badan, Tinggi badan dan lingkar kepala,  pemberian vitamin serta program makanan sehat.untuk layanan perlindungan TK Tanivo tidak membenarkan masyarakat untuk berjualan disekitar lembaga dengan tujuan agar anak tidak jajan.


Keywords


CIIP, Holistik Integratif, Taman Kanak-kanak

References


Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137–164.

Anisa, N. (2014). Peran United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) terhadap Pengembangan Pendidikan dan Kesehatan Anak Melalui PAUD-HI di Sulawesi Selatan. Skripsi Diterbitkan Http://Repository. Unhas. Ac. Id/Bitstream/Handle/123456789/12845/SKRIPSI_NURUL_ANISA. Pdf.

Darmiatun, S., & Nurhafizah, N. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIG DAN PROFESIONAL GURU TK MELALUI PROGRAM DIKLAT PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI KABUPATEN DHARMASRAYA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 704–714.

Dini, J. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882.

Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 73–82.

Elyana, L. (2017). Kurikulum holistik integratif anak usia dini dalam implementasi self regulated learning. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 1–7.

Evaluation, C., Cippo, W., & In, M. (2021). Vol. 4, No. 1, Maret 2021 Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. 4(1).

Heijnen, J. H., Jussi Hanhimaki, Steiner, A., Abiko, T., Obara, M., Ushioda, A., Hayakawa, T., Hodges, M., Yamaya, T., Amin, S., Hinsley, F. . (2013). SSRN Electronic Journal, 1(2),8;99-117. http://www.eldis.org/vfile/upload/1/document/0708/DOC23587.pdf%0Ahttp://socserv2.socsci.mcmaster.ca/~econ/ugcm/3ll3/michels/polipart.pdf%0Ahttps://www.theatlantic.com/magazine/archive/1994/02/the-coming-anarchy/304670/%0Ahttps://scholar.google.it/scholar?

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346–355.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta’dib, 6(1).

MenkoPMK. (2019). Permenko 1 Tahun 2019 tentang PAUD HI.pdf.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995

Pendidikan, K., & Kebudayaan, R. I. (2014). Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Kemendikbud.

Perlindungan, D. A. N., & Usia, A. (2020). 192 Tahun 7, Nomor 2 November 2020. November, 192–204.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5, 106–117. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak.

Wulandari, H., Supriyati, Y., & Jalal, F. (2018). Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development (PAUD HI). Int. J. of Multidisciplinary and Current Research, 6.

Yaswinda, Y. (2016). Science Learning Model Based on Multisensory-Ecology in Early Childhood Education: A Conceptual Model. 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016), 463–469.

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan bahan pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi bagi guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i2.7737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com