GAMBARAN PENGETAHUAN GURU TENTANG MANAJEMEN BENCANA KABUT ASAP OLEH GURU PAUD
Abstract
The purpose of this research is to know the teacher's knowledge on the disaster management of haze by Early childhood education teachers in Sail Pekanbaru district. This research uses a descriptive method with a quantitative approach. Based on research conducted by researchers conducted in Sail Pekanbaru Sub-district consisting of 47 subjects consisting of 8 PAUD institutions, it was concluded that the teachers in the Sail district have a very good knowledge in the disaster management of haze. Based on the results of knowledge research teachers by Early childhood education Se-Kecamatan Sail as a whole, is a percentage of 82.71% consisting of three indicators namely: knowing, understanding and implementing/application. As for each indicator has a percentage, the indicator knows 85.11%, the indicator understands 83.69% and apply/application with a percentage of 81.34%. Data collection technique that is done through primary data is done directly by researchers by using poll test.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan guru tentang manajemen bencana kabut asap oleh guru PAUD Se-Kecamatan Sail Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang dilakukan di Kecamatan Sail Pekanbaru yang terdiri dari 47 subyek yang terdiri dari 8 lembaga PAUD, maka diperoleh kesimpulan bahwa guru PAUD Se-Kecamatan Sail memiliki pengetahuan yang sangat baik dalam hal manajemen bencana kabut asap. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan guru PAUD Se-Kecamatan Sail secara keseluruhan yaitu mendapat persentase 82,71% yang terdiri dari tiga indikator yaitu: mengetahui, memahami dan menerapkan/aplikasi. Adapun setiap indikator memiliki persentase, indikator mengetahui 85,11%, indikator memahami 83,69% dan menerapkan/aplikasi dengan persentase 81,34%. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui data primer yaitu dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menggunakan tes angket.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anna Sylviana Kartika. (2014). Buku Panduan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Desa di Areal Gambut. Jakarta. Kementerian Kehutanan.
Ari Sandhyavitri, dkk. (2017). Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut Secara In-situ. Pekanbaru. UR Press Pekanbaru.
----------. (2015). Mitigasi Bencana Banjir dan Kebakaran. . Pekanbaru. UR Press Pekanbaru
Aulia Fadhli. (2019). Mitigasi Bencana. Yogyakarta. Gava Media.
Awaluddin. (2016). Keluhan Kesehatan Masyarakat Akibat Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru. Journal Endurance 1 (1): 37-46. Riau. STIKes Tengku Maharatu Pekanbaru. https://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/edurance/article/download/1079/428. Tanggal Akses 9 April 2020.
Azmi Sahid Fillah, dkk. (2016). Program Penanggulangan Bencana oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 3 (2): 155-291. Bandung Universitas Padjajaran. http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13648. Tanggal Akses 9 April 2020.
Deny Hidayati, dkk. (2008). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Alam Kabupaten Cilacap. LIPI Press.
Eno Suwarno, Abdul Wahib Situmorang. (2017). Identifikasi Hambatan Pengukuhan Kawasan Hutan di Provinsi Riau. Jurnal Analisis Kebijakan. 14 (1): 17-30. Riau Universitas Lancang Kuning. https://www.researchgate.net/publication.317365202_IDENTIFIKASI_HAMBATAN_PENGUKUHAN_KAWASAN_HUTAN_DI_PROVINSI_RIAU/link/593e068baca272c4d9de412e/download. Tanggal Akses 2 Mei 2020.
Febrialismanto. (2015). Analisis Kompetensi Profesional Guru di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya. 4(1): 8-16. EDUCHILD. https://www.neliti.com/id/publications/22939/analisis-kompetensi-profesional-guru-di-taman-kanak-kanak-kecamatan-kampar-provi. Tanggal Akses 15 Mei 2020.
Fieka Nurul Arifa. (2018). Mitigasi Bencana pada Sektor Pendidikan Formal. Jurnal Kesehjateraan Sosial. 10 (1): 13-18. Jakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. https://scholar.google.com/citations?user=afObdo4AAAAJ&hl=id Tanggal Akses 5 Mei 2020.
Kementerian kehutanan. (2014). Buku Panduan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Desa di Areal Gambut. Jakarta. Kementerian Kehutanan.
Misbahuddin, Iqbal Hasan. (2013). Analisis Data Statistik. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Mukono. (2003). Pencemaran Udara dan Pengaruhnya terhadap Gangguan Saluran Pernapasan. Surabaya. Airlangga University Press Surabaya.
Nurjannah, dkk. (2012). Manajemen Bencana. Bandung. Alfabeta.
Rohani Budi Prihatin. (2018). Masyarakat Sadar Bencana: Pembelajaran dari Karo, Banjarnegara, dan Jepang. Jurnal Masalah-masalah Sosial. 9 (2): 221-239. Jakarta. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1106. Tanggal Akses 3 Maret 2020.
Rusiyah. (2017). Hubungan Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi pada Siswa Tamana Pendidikan Al-qur’an Al-Khair Kabupaten Bonebolango. Jurnal Swarnabhumi. 2 (1) : 30-40. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/download/1130/960&ved=2ahUKEwj-o8vOx6PpAhWy73MBHVehDO8QFjAAegQIBBAAB&USG=aovVaw1ugNGAts7V9sQfNvvZxNrl. Tanggal Akses 5 Mei 2020.
Singgih Sastradihardjo. (2010). Tanggap Bencana Kebakaran. Bandung Angkasa Bandung.
Sudibyakto. (2011). Manajemen Bencana di Indonesia ke mana?. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV Alfabeta.
----------. (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung. CV Alfabeta.
Widayatun, dkk. (2008). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Alam Kabupaten Serang. Jakarta. LIPI Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v9i1.7680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.