PENGAJARAN BAHASA INGGRIS INTERAKTIF PADA GURU PAUD DI DESA PUCAK KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS

Hajerah Hajerah, Azizah Amal, Syamsuardi Syamsuardi

Abstract


Tugas seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah mengajar, selain itu juga guru
PAUD bertugas mendidik dan membimbing anak dalam proses perkembangan yang dimiliki
setiap anak. Dari semua aspek perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak tersebut khususnya
perkembangan Bahasa dalam hal ini adalah pengenalan Bahasa inggris. Namun fakta yang
terjadi dilapangan bahwa para guru masih banyak yang belum mampu mengajarkan Bahasa
inggris interaktif pada anak di Pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk mencapai tujuan tersebut,
metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan pembelajaran Bahasa inggris
interktif bagi guru PAUD di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Kegiatan
diawali dengan pemberian materi. Setelah pemberian materi para guru diperkenalkan lagu,
cerita, permaian dan yang terakhir adalah crafting (keterampilan) dalam bentuk Bahasa Inggris.
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) bulan. Secara umum semua peserta
pelatihan mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dan sungguh-sungguh. Hal tersebut
terlihat dari semangat mereka datang menghadiri kegiatan tersebut meskipun jarak dari tempat
tinggi mereka tergolong cukup jauh dari lokasi pelatihan, kemudian mereka sungguh-sungguh
dalam melaksanakan semua tugas yang diberikan, beberapa pertanyaan yang mereka lontarkan
pada saat dibuka sesi tanya jawab. Setelah memberikan pemahaman tentang perkembangan
Bahasa Inggris pada anak, selanjutnya guru dibimbing dalam mengenal lagu-lagu, cerita yang
berbahasa Inggris, menerapkan bentuk permainan berupa total physical response (TPR). Dan
yang terakhir adalah keterampilan (crafting). Hal tersebut terbukti dari hasil keterampilan (crafting)
setiap guru dalam membuat media pembelajaran guna mendukung proses pembelajaran
Bahasa inggris interaktif

 

The duty of the teacher of early childhood education is teaching, educating, and guiding child in
the process of development. All aspects of the development that is owned by children need to be
developed especially for the English introduction. But, there were many teachers of PAUD who
have not been able to teach English interactive.To reach the aim, the method to be used of this
training was interactive English language learning for the teachers of PAUD in Pucak, Tompobulu,
Maros. The training begins with the presentation of materials. After presentation, teachers were
introduced songs, stories, games, and crafting in English. This training was conducted for 4
months.All participants received training seriously. Teachers keep the spirit attend the training
although the distance from where they live quite far towards the location of the training, they did
the task seriously, some questions were asked by the participants in question and answer
session. After providing an understanding of English language development in children, then
teachers were guided to know songs and stories in English, implement a form of the game in the
form total physical response (TPR). And the last was crafting that worked well.


Keywords


Pembelajaran, Bahasa inggris interaktif, dan guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D.,. 2002. The Primary English Teacher’s Guide. England: Pearson plc.

Claire Hewlett, Helen Ward, Judith Roden& Julie Foreman. 1988. Teaching Science in the Primary Classroom: A Practical Guide (Paperback). Paul Chapman Publishing A SAGE Publication.

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching with DVD (4th Edition) London: Longman Handbooks for Language Teachers.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mei, Yin Yong & Yu-jing, J., 2000. From Using Games in an EFL Class For Children. Daejin University ELT Research Paper. Fall, 2000. http://English.daejin.ac.kr/rtyson/fall2000/elt/games.html. Retrieved 20 February 2010.

Richard, J.C., Schmidt, R., Kendricks,H., & Kim, Y., 2002. Longman Dictionasy of Language Teaching and Applied Linguistics. UK: pearson Education.

Richards, J. C. & Rodger, T.s. 1986. Approachers and Methods in Language. United Stades of America: Cambridge University Press.

Wright, A. 1995. Story Telling with Children. Oxford: OUP.

Wright, A., Betteridge, D. &Buckby, M. 1984. From Games for Language Learning, Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v8i1.7376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com