ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER CERDAS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU
Abstract
This research is about the analysis of the values of intelligent character of FKIP UR Pekanbaru
students. The values of intelligent characters to be studied are the values of intelligent characters
according to Prayitno & Afriva Khaidir (2011). The purpose of this study is 1) To determine the
percentage of the practice of the values of intelligent character students FKIP Umiversitas Riau
Pekanbaru, 2) To determine the percentage of students’ smart character values in each department
in FKIP University of Riau Pekanbaru, 3) To find out the percentage of practice values intelligentdimensional
character of students in each department in FKIP University of Riau Pekanbaru.
This research uses descriptive method, the data collected is about the values of intelligent
characters through intelligent character scale instruments. The results of this study revealed that
the percentage of students’ values of intelligent character FKIP University of Riau Pekanbaru
was 75.95%, which is in the good category, the lowest character value is the dimension of faith
and piety (72.36%) on the indicator of belief in God Almighty, while the highest is the tough
dimension (78.91%). Based on the findings of this study, the researchers recommend that the
university in this case FKIP UR Pekanbaru in order to compile a curriculum based on the values
of intelligent character of students, and the lecturers are expected to develop learning based on
the values of intelligent characters.
Penelitian ini mengenai analisis nilai-nilai karakter cerdas mahasiswa FKIP UR Pekanbaru.
Nilai-nilai karakter cerdas yang akan diteliti adalah nilai-nilai karakter cerdas menurut Prayitno &
Afriva Khaidir (2011). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persentase
pengamalan nilai-nilai karakter cerdas mahasiswa FKIP Umiversitas Riau Pekanbaru, 2) Untuk
mengetahui persentase pengamalan nilai-nilai karakter cerdas mahasiswa pada setiap jurusan
di FKIP Universitas Riau Pekanbaru, 3) Untuk mengetahui persentase pengamalan nilai karakter
cerdasper-dimensi mahasiswa pada setiap jurusan di FKIP Universitas Riau Pekanbaru .
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, data yang dikumpulkan adalah tentang nilai-nilai
karakter cerdas melalui instrumen skala nilai-nilai karakter cerdas. Hasil penelitian ini
mengungkapkan bahwa persentase pengamalan nilai-nilai karakter cerdas mahasiswa FKIP
Universitas Riau Pekanbaru adalah 75,95%, yaitu berada pada kategori baik, nilai karakter yang
terendah adalah dimensi beriman dan bertaqwa (72,36%) pada indikator keyakinan pada Tuhan
Yang Maha Esa, sedangkan yang tertinggi adalah dimensi tangguh (78,91%). Berdasarkan temuan
penelitian ini, maka peneliti merekomendasikan pada pihak perguruan tinggi dalam hal ini FKIP
UR Pekanbaru agar menyusun kurikulum yang berbasis nilai-nilai karakter cerdas mahasiswa,
serta pihak dosen diharapkan mengembangkan pembelajaran yang berbasis nilai-nilai karakter
cerdas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharma Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan
Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Didik Suhardi. (2014). Nilai Karater Refleksi Untuk
Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Heri Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter.
Bandung: Alfabeta
Nurul Zuriah. (2009). Metodologi Penelitian Sosial
dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Prayitno. (2011). Wujud Penghayatan dan
Pengamalan Nilai-Nilai Karakter Cerdas
Format
Pembelajaran Klassikan dan Non klasikal.
Padang: UNP PRESS
——————(2011). Model Pendidikan Karakter
Cerdas. Padang: UNP PRESS
Sutarjo Adisusilo, J.R. (2013). Pembelajaran Nilai-
Karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zainal Aqib dan Sujak .(2011). Panduan & aplikasi
Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama
Widya
Zaim Elmubarak. (2009). Membumikan Pendidikan
Nilai. Bandung : Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2013 tentang Sistem pendidikan
Nasional, Bandung: Fokus Media
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i2.6523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.