PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS SOFT SKILL PADA SISWA SD KELAS II

Sri Suwartini

Abstract


The book is like a storehouse of knowledge that has significance in the world of education The
results of the study describes learning based Sotf skill in elementary school students less than
optimal grade does not contain noble values on the students so that the characters on students
are not formed and need to be developed until now. Research on the development of textbooks
with sotf-based skills in grade II elementary students with character content. The subjects of the
study were 21 students of class II semester I. The subjects of the study were 21 students in first
semester of academic year 2017/2018. The results of this study illustrate that as many as 105
creative students and most have achieved the value of KKM by 80% while the ability of students to
understand the language of 82.5%. Thus the textbook of characters based on soft skills when
applied to elementary students get a good value.

 

 

Buku adalah ibarat gudang ilmu yang mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan Hasil
penelitian menggambarkan pembelajaran yang berbasis Sotf skill pada siswa SD kelas II kurang
optimal tidak memuat nlilai-nilai luhur pada pada siswa sehingga karakter pada siswa tidak
terbentuk dan perlu untuk dikembangkan sampai saat ini. Penelitian tentang pengembangan
buku ajar dengan yang berbasis sotf skill pada siswa SD kelas II dengan konten karakter. Subyek
penelitian adalah 21 siswa kelas II semester I. Subyek penelitian adalah 21 siswa semester I
Tahun Akademik 2017/2018. Hasil penelitian menggambarkan bahwa sebanyak 105 siswa
kreatif dan sebagian besar telah mencapai nilai KKM sebesar 80% sedangkan daya serap
siswa dalam memahami bahasa sebesar 82,5% . Dengan demikian buku ajar karakter yang
berbasis soft skill apabila di terapkan pada siswa SD mendapat nilai yang baik.


Keywords


Textbook, character education, Sotf Skill

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R., & Gall, M.D. 1983. Educational

research: An introduction. (4thed). New York

& London: Longman.

Dick dan Walter Carey. 2005. The Systematic

Design of Instruction. USA : Scott Foresman

and Company.

Djamarah, Aswan Zain,. 2006. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faturohman, Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar

Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs, 1988.

Principles of Instructional Design. 2nd Ed,

New York: Holt Rinehart and Winstons.

Hamalik, O. 2001. Psikologi Belajar dan Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ibrahim, M. 2001. Pengembangan Perangkat

pembelajaran. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Kemp, J.E. Merrison, G.R. and Ross. 1994.

Designing Efective Instruction. New York:

Harper and Raw Publisher.

Keputusan Mendiknas No.36/D/O/2001, pasal 5

ayat 9 tentang pengertian buku ajar dan

penyebaran buku ajar.

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makmun, A. 2004. Psikologi Kependidikan

Perangkat sistem Pengajaran Moodul.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution dan Asmawi Zainul. 2001. Pekerti

Mengajar di Perguruan Tinggi, Penilaian Hasil

Belajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas

Nasution. 1982.

Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan

Mengajar. Jakarta: Bina Aksara. _______.

Metode Research. Jakarta: Bumi

Aksara.

_______. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:

Bumi Aksara.

Purwanto, N. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik

Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Rasyid dan Mansyur. 2007. Penilaian Hasil Belajar.

Bandung: CV Wacana Prima.

Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun

Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2003. Interaksi Belajar Mengajar.

Jakarta: Raja Grafindo.

Siti Hanim. 2011. Respon Siswa dalam Kegiatan

Belajar mengajar, (Online), (http://

id.shvoong.com/social-sciences/education/

-respon-siswadalam-kegiatanbelajar/,

diakses 20 Desember 2013).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.

_______.2011. Penilaian Hasil Proses Belajar

Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Sutisna Senjaya. 2010. Pengertian Respon,

(Online), (http://sutisna.com/ artikel / artikelilmu-

sosial/pengertian-respon/, diakses 20

Desember 2013).

Syaodih, R. Ibrahim. 2010. Perencanaan

Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Telaah Kurikulum dan

Buku Teks. Bandung: Angkasa.

Winataputra dan Budimansyah. 2007. Civiv

education, Landasan Bahan Ajar dan Kultur

Kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan

Kewarganegaraan PPS UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i2.6520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com