Persepsi Guru Terhadap Kinerja Komite Sekolah

Israwati Israwati, Diana Marsyadilla, Putry Julia

Abstract


Penelitian ini berjudul” Persepsi Guru terhadap Kinerja Komite Sekolah di Gugus Manggis Banda

Aceh”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Persepsi Guru
terhadap Kinerja Komite Sekolah di Gugus Manggis B.Aceh dan tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui Persepsi Guru terhadap Kinerja Komite Sekolah di Gugus Manggis B.Aceh,
Subjek Penelitian sebanyak 6 orang guru yang dipilih melalui teknik Purposive sampling.
Pendekatan yang di pakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan
jenis penelitian deskriptif, kemudian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi untuk
mengumpulkan data, data di analisis dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan
disimpulkan. Penelitian ini memberikan informasi bahwa persepsi guru terhadap kinerja komite
sekolah selama ini adalah tidak maksimal, komite sekolah menurut persepsi guru jarang
datang ke sekolah apabila ada rapat atau acara besar dan penerimaan murid awal tahun,
barulah komite sekolah akan hadir dan ikut berandil sehingga komite tidak memahami
bagaimana keadaan dan perkembangan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kinerja
komite sekolah yang selama ini berlangsung tidak maksimal dan tidak sesuai dengan apa yang
tertulis dalam Kepmendiknas nomor: 044/U/2002, komite sekolah selama ini kurang aktif dalam
berbagai bidang seperti pemberian pertimbangan dalam pembangunan sekolah, pengontrolan,
pemberian dukungan, dan mediator terhadap sekolah, perhatian serta komunikasi komite sekolah
terhadap sekolahpun sangat kurang, sehingga arah dan tujuan sekolah tidak tercapai dengan
baik, karena tidak adanya kerjasama yang baik antara komite sekolah, masyarakat dengan
sekolah.

This research entitled “Teacher Perceptions on School Committee Performance in Banda Aceh
Mangosteen Cluster”. The formulation of the problem in this study is How Teacher Perceptions
on the Performance of School Committee in Manggis B.Aceh Cluster and the purpose of this
study is to know the Perception of Teachers to School Committee Performance in Manggis
B.Aceh Cluster, Research Subject of 6 teachers selected by technique Purposive sampling. The
approach used in this research is qualitative approach and using descriptive research type, then
using interview and documentation technique to collect data, data in analysis with data reduction,
then presentation of data and concluded. This study provides information that teachers ‘perceptions
of school committee performance so far are not maximal, school committees according to
teachers’ perceptions rarely come to school if there is a meeting or big event and acceptance of
students beginning of the year, then the school committee will attend and contribute so that the
committee does not understand how the school situation and progress. The conclusions of this
study are the performance of school committees that have been not maximized and not in
accordance with what is written in Kepmendiknas number: 044 / U / 2002, school committee has
been less active in various fields such as giving consideration in school construction, controlling,
support and mediation of the school, the attention and communication of the school committee
to the school is very poor, so the direction and purpose of the school is not well achieved,
because there is no good cooperation between the school committee, the community and the
school.


Keywords


Teacher, Performance, School Committee.

Full Text:

PDF

References


Ervianto, I. Wulfram, 2004.Manajemen Proyek

Kontruksi, Jakarta: Penerbit Andi.

Feldman,S. Robert,2012.Pengantar Psikologi.

Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Harisah Afifah dan Zulfitria Masiming. 2008.

Persepsi manusia terhadap tanda, simbol

dan spasial. Jurnal Smartek, (Online), Vol.

, No. 1, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/

index.php/SMARTEK/article/viewFile/465/

di akses 31 Januari 2017)

Hasbullah, 2006. Otonomi Pendidikan. Jakarta :

Raja Grafindo Persada

Kepmendiknas, 2002. Nomor:044/U/2002, tentang

Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

EDUCHILD Vol. 7 No. 1 Tahun 2018

Persepsi Guru Terhadap Kinerja Komite Sekolah Israwati, dkk

King, A.Laura, 2013.Psikologi Umum. Jakarta:

Penerbit Salemba Humanika.

Mahmudi, 2007. Manajemen Kerja Sektor Publik,

Jakarta: Unit penerbit dan Percetakan.

Permendikbud, 2016. Nomor :75/U/2016, tentang

Komite Sekolah.

Sugiyono, 2014.Metode penelitian Kualitatif dan

Kuantitatif R&D.Bandung. Alfabeta.

—————-, 2015.Metode penelitian Kualitatif dan

Kuantitatif R&D.Bandung. Alfabeta.

Undang – Undang No 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodelogi Penelitian Sosial

dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

http://awasibos.org/ peran dan fungsi komite

sekolah kenyataannya (di akses 26 Januari

.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com