ANALISIS FAKTOR EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PG-PAUD FKIP UNIVERSITAS RIAU

Zulkifli N

Abstract


Analisis faktor efisiensi belajar mahasiswa merupakan langkah strategis dalam usaha penyiapan
calon guru professional dan bermutu, termasuk penyiapan calon guru Pendidikan Anak Usia
Dini (PG_PAUD). Sebab, peranan guru PAUD sangat penting dan menentukan dalam penyiapan
generasi emas sejak dini bagi bangsa Indonesia 45 tahun depan. Banyak faktor yang perlu
dianalisis dan dipetakan tentang efisiensi belajar mahasiswa PG_PAUD, baik faktor internal
maupun ekternal. Tujuan penulisan atikel hasil penelitian pada jurnal ini adalah menggambarkan
efisiensi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa Prodi PG_PAUD
FKIP Universitas Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dalam bentuk deskriptif
kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi PGPAUD FKIP Universitas Riau semester
ganjil 3 dan 5) sebanyak 182 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 129 orang. Data
dikumpulkan dengan teknik angket melalui program aplikasi google drive. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bahwa efisiensi belajar mahasiswa dalam aspek usaha belajar berada
pada kategori tinggi (79,97%). Sedangkan, kategori IPK mahasiswa berada pada kategori baik
(75,19%) dan sangat baik (24.03%). Adapun, faktor efisiensi belajar mahasiswa PG_PAUD FKIP
Universitas Riau lebih dominan dipengaruhi oleh faktor eksternal (71,1550 dibandingi faktor
internal (68,75). Peneliti merekomendasikan untuk melakukan studi lebih dalam tentang kontribusi
faktor efisiensi belajar mahasiswa PG_PAUD terhadap hasil uji kompetensi dasar calon guru
PAUD, khusus alumni Prodi PG_PAUD FKIP Universitas Riau.

Analysis of student learning factors is strategic step in prepairing of professional teacher candidate,
especially those of Early Childhood Education (ECE) preparation, because of their important and
determinan role in preparing golden generation for the next 45 years of Indonesian people
qualified and competitive. There are many factors much be analysed and described about student
learning factors, both are internal and external factors. The purpose of these article is to described
of student learning factors thoses determinant to student achievement of PG_PAUD Student in
FKIP Universitas Riau. The research methodology used is survey in quantitative descriptive
teachnique. The population are students of PGPAUD Study Program of FKIP Universitas Riau in
Od Semester, 2017 as much as 182 people, and random sampling as much as 129 people. Data
collected by quistionners through google drive application program. The research found out that
the student’s learning efficiency scores, in general, falls in the high category (79,97%), and the
cumulative achievement index of the students is also in good and very good category (good=
75,19%) dan excellent=(24.03%)). The external factors more dominant than internal factors. The
writer recommend to be studied deeply about contribution of student learning factors to the
teacher based competency test, especially those alumni of Early Childhood Education (ECE) of
FKIP Universitas Riau.


Keywords


Analisis, faktor-faktor, efisiensi belajar, Mahasiswa PGPAUD

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung:

Pustaka Setia

Anderson, Lorin W. and Krathwohl. 2001. A

Taxonomy for Learning, Teaching, and

Assessing. New York. Addison Wesley

Longman, Inc.

Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur, Teori Belajar

dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruz

Media,

Bobbi DePorter & Mike Harnacki. 2002. Quantum

Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan

Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah

Abdurrahman. Bandung. Kaifa

C. Asri Budiningsih.2012. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka CIpta

Dryden, Gordon & Jeannette. 1994. The Learning

Revolution: To Change the way the world

learns. Canada: The Learning Web.

Ellaine B. dan Johnson. 2007. Contextual Teaching

and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar

Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna.

Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: MLC

Husaini Usman. 2006. Manajemen: Teori, Praktik,

dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi

Aksara

Hornby, AS. 1987. Oxford Advanced Learner’s

Dictionary of Current English. Toronto. Oxford

University Press.

John Afifi. 2014. Inovasi-Inovasi Kreatif Manajemen

Kelas dan Pengajaran Efektif. Jogjakarta:

Diva Press.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam

Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi

Aksara

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sophia Rahmi, “Hubungan Guru dan Murid” dalam

http://www.pikiran-rakyat.com/ cetak/2005/

/03/1104.htm

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan:

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2010. Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2009. Managemen Penelitian..

Jakarta PT. Rineka Cipta

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar

PAUD. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin, 1999. Psikologi Pendidikan

dengan Pendekatan Baru, Jakarta: Remaja

Rosda Karya, Cet. IV, 1999

The Liang Gie, dkk. MCMLXXXII. Ensiklopedi

Administrasi. Jakarta: PT. Gunung Agung

The Liang Gie. 1982. Cara Belajar Yang Efisien.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran

Beorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarata: Kencana Pranada Media Group

Yatim Riyanto. 2010. Paradigma Baru

Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/

Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran

yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

http://infopendidikan68.blogspot.co.id/2016/05/

faktor-faktor-yang mempengaruhi.html




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com