ANALISIS FAKTOR EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PG-PAUD FKIP UNIVERSITAS RIAU
Abstract
Analisis faktor efisiensi belajar mahasiswa merupakan langkah strategis dalam usaha penyiapan
calon guru professional dan bermutu, termasuk penyiapan calon guru Pendidikan Anak Usia
Dini (PG_PAUD). Sebab, peranan guru PAUD sangat penting dan menentukan dalam penyiapan
generasi emas sejak dini bagi bangsa Indonesia 45 tahun depan. Banyak faktor yang perlu
dianalisis dan dipetakan tentang efisiensi belajar mahasiswa PG_PAUD, baik faktor internal
maupun ekternal. Tujuan penulisan atikel hasil penelitian pada jurnal ini adalah menggambarkan
efisiensi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa Prodi PG_PAUD
FKIP Universitas Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dalam bentuk deskriptif
kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi PGPAUD FKIP Universitas Riau semester
ganjil 3 dan 5) sebanyak 182 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 129 orang. Data
dikumpulkan dengan teknik angket melalui program aplikasi google drive. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bahwa efisiensi belajar mahasiswa dalam aspek usaha belajar berada
pada kategori tinggi (79,97%). Sedangkan, kategori IPK mahasiswa berada pada kategori baik
(75,19%) dan sangat baik (24.03%). Adapun, faktor efisiensi belajar mahasiswa PG_PAUD FKIP
Universitas Riau lebih dominan dipengaruhi oleh faktor eksternal (71,1550 dibandingi faktor
internal (68,75). Peneliti merekomendasikan untuk melakukan studi lebih dalam tentang kontribusi
faktor efisiensi belajar mahasiswa PG_PAUD terhadap hasil uji kompetensi dasar calon guru
PAUD, khusus alumni Prodi PG_PAUD FKIP Universitas Riau.
Analysis of student learning factors is strategic step in prepairing of professional teacher candidate,
especially those of Early Childhood Education (ECE) preparation, because of their important and
determinan role in preparing golden generation for the next 45 years of Indonesian people
qualified and competitive. There are many factors much be analysed and described about student
learning factors, both are internal and external factors. The purpose of these article is to described
of student learning factors thoses determinant to student achievement of PG_PAUD Student in
FKIP Universitas Riau. The research methodology used is survey in quantitative descriptive
teachnique. The population are students of PGPAUD Study Program of FKIP Universitas Riau in
Od Semester, 2017 as much as 182 people, and random sampling as much as 129 people. Data
collected by quistionners through google drive application program. The research found out that
the student’s learning efficiency scores, in general, falls in the high category (79,97%), and the
cumulative achievement index of the students is also in good and very good category (good=
75,19%) dan excellent=(24.03%)). The external factors more dominant than internal factors. The
writer recommend to be studied deeply about contribution of student learning factors to the
teacher based competency test, especially those alumni of Early Childhood Education (ECE) of
FKIP Universitas Riau.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung:
Pustaka Setia
Anderson, Lorin W. and Krathwohl. 2001. A
Taxonomy for Learning, Teaching, and
Assessing. New York. Addison Wesley
Longman, Inc.
Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur, Teori Belajar
dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruz
Media,
Bobbi DePorter & Mike Harnacki. 2002. Quantum
Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan
Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah
Abdurrahman. Bandung. Kaifa
C. Asri Budiningsih.2012. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka CIpta
Dryden, Gordon & Jeannette. 1994. The Learning
Revolution: To Change the way the world
learns. Canada: The Learning Web.
Ellaine B. dan Johnson. 2007. Contextual Teaching
and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar
Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna.
Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: MLC
Husaini Usman. 2006. Manajemen: Teori, Praktik,
dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi
Aksara
Hornby, AS. 1987. Oxford Advanced Learner’s
Dictionary of Current English. Toronto. Oxford
University Press.
John Afifi. 2014. Inovasi-Inovasi Kreatif Manajemen
Kelas dan Pengajaran Efektif. Jogjakarta:
Diva Press.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya
Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam
Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi
Aksara
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sophia Rahmi, “Hubungan Guru dan Murid” dalam
http://www.pikiran-rakyat.com/ cetak/2005/
/03/1104.htm
Sugiyono.2006. Metode Penelitian Pendidikan:
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2010. Statistika untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2009. Managemen Penelitian..
Jakarta PT. Rineka Cipta
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar
PAUD. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin, 1999. Psikologi Pendidikan
dengan Pendekatan Baru, Jakarta: Remaja
Rosda Karya, Cet. IV, 1999
The Liang Gie, dkk. MCMLXXXII. Ensiklopedi
Administrasi. Jakarta: PT. Gunung Agung
The Liang Gie. 1982. Cara Belajar Yang Efisien.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran
Beorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarata: Kencana Pranada Media Group
Yatim Riyanto. 2010. Paradigma Baru
Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/
Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran
yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group
http://infopendidikan68.blogspot.co.id/2016/05/
faktor-faktor-yang mempengaruhi.html
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.