PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS III A SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IIIA SDN 017 Pandau
Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar masih rendah, sehingga hasil belajarnya belum
memenuhi KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika
realistik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
ganjil tahun 2014 di kelas IIIA SDN 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian
digunakan lembar observasi yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan
diakhir siklus. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan menentukan jumlah dan persentase
siswa yang terlibat pada setiap pertemuan. Peningkatan hasil belajar dilihat dari jumlah siswa
yang tuntas pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan selama dua siklus. Pada
akhir siklus kedua siswa yang mau bertanya 74%, yang mau menjawab pertanyaan ada 74%,
yang menyampaikan ide tentanng cara memecahkan masalah 67%, yang mau membantu
teman yang mendapat kesulitan 71%, siswa yang memperlihatkan kesungguhan dalam
mengikuti diskusi 83%, siswa yang mau bekerja sama dalam menyelesaikan masalah 84%
dan siswa yang berperan aktif dalam menyimpulkan pelajaran 80%. Untuk ketuntasan siswa
dalam belajar matematika sudah mencapai 92,86%. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan matematika realistik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar masih rendah, sehingga hasil belajarnya belum
memenuhi KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika
realistik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
ganjil tahun 2014 di kelas IIIA SDN 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian
digunakan lembar observasi yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan
diakhir siklus. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan menentukan jumlah dan persentase
siswa yang terlibat pada setiap pertemuan. Peningkatan hasil belajar dilihat dari jumlah siswa
yang tuntas pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan selama dua siklus. Pada
akhir siklus kedua siswa yang mau bertanya 74%, yang mau menjawab pertanyaan ada 74%,
yang menyampaikan ide tentanng cara memecahkan masalah 67%, yang mau membantu
teman yang mendapat kesulitan 71%, siswa yang memperlihatkan kesungguhan dalam
mengikuti diskusi 83%, siswa yang mau bekerja sama dalam menyelesaikan masalah 84%
dan siswa yang berperan aktif dalam menyimpulkan pelajaran 80%. Untuk ketuntasan siswa
dalam belajar matematika sudah mencapai 92,86%. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan matematika realistik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Keywords
pendekatan matematika realistik, pembelajaran kooperatif, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.