PENGARUH PEMBERIAN PEMBELAJARAN SISTEM KONTRAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian sistem kontrak pembelajaran
terhadap peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 9 Pekanbaru. Populasi
penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 34 orang. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif dan inferensial. Teknik pengumpulan kuisioner dengan skala likert. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemberian sistem kontrak pembelajaran berpengaruh positif
terhadap peningkatan motivasi siswa dalam pelajaran fisika.
terhadap peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas XI SMAN 9 Pekanbaru. Populasi
penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 34 orang. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif dan inferensial. Teknik pengumpulan kuisioner dengan skala likert. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemberian sistem kontrak pembelajaran berpengaruh positif
terhadap peningkatan motivasi siswa dalam pelajaran fisika.
Keywords
sistem kontrak, motivasi, penyediaan kelas
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.