PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW IV UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SIDOMULYO KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS, apakah
metode pembelajaran kooperatif Type Jigsaw IV dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa.
Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar 169 Pekanbaru. Proses
pengumpulan data menggunakan tehknik observasi. Teknik observasidilakukan dengan
mengunakan lembar observasi sebagai berikut :(1) Lembar observasi aktivitas guru (2) Lembar
observasi aktivitas siswa,(3)Lembar observasi aktivitas kelompok ahli,(4) Lembar observasi
aktivitas kelompok asalBila dibandingkan setelah dilaksanakannya model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw IV terjadi kenaikan aktivitas siswa pada siklus I menjadi 48,83 (22 siswa)
dan pada siklus II mengalami kenaikkan menjadi 77,18% (35 siswa). Disimpulkan bahwa
aktivitas siswa mengalami kenaikkan dari siklus I ke siklus II sebesar 28,35 %. Hasil posttest,
untuk mengetahui kemampuan siswa pada siklus I memperoleh rata-rata kelas 58,19%
sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata kelas sebesar 75,21%. Posttest hasil belajar
siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikkan rata-rata 17.02%
metode pembelajaran kooperatif Type Jigsaw IV dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa.
Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar 169 Pekanbaru. Proses
pengumpulan data menggunakan tehknik observasi. Teknik observasidilakukan dengan
mengunakan lembar observasi sebagai berikut :(1) Lembar observasi aktivitas guru (2) Lembar
observasi aktivitas siswa,(3)Lembar observasi aktivitas kelompok ahli,(4) Lembar observasi
aktivitas kelompok asalBila dibandingkan setelah dilaksanakannya model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw IV terjadi kenaikan aktivitas siswa pada siklus I menjadi 48,83 (22 siswa)
dan pada siklus II mengalami kenaikkan menjadi 77,18% (35 siswa). Disimpulkan bahwa
aktivitas siswa mengalami kenaikkan dari siklus I ke siklus II sebesar 28,35 %. Hasil posttest,
untuk mengetahui kemampuan siswa pada siklus I memperoleh rata-rata kelas 58,19%
sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata kelas sebesar 75,21%. Posttest hasil belajar
siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikkan rata-rata 17.02%
Keywords
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw IV, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.