PEMETAAN ADVERSITY QUOTIENT MAHASISWA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU

Devi Risma

Abstract


Penelitan ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat adversity
quotient mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Riau. Penelitian ini dilakukan
atas dasar sebagian besar mahasiswa kurang untuk mengembangkan potensinya secara
optimal, dan ketika menghadapai kesulitan, mereka lebih memilih mundur. Hal yang
kontradiktif adalah bahwa peminat Jurusan Ilmu Pendidikan cukup tinggi, hal ini dapat
dilihat pada setiap awal tahun ajaran Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Riau semakin
meningkat.. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random
sampling, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 183 orang mahasiswa Jurusan Ilmu
Pendidikan FKIP Universitas Riau. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
skala adversity quotient yang disusun oleh peneliti sendiri dengan indikator menurut Stoltz,
yaitu kendali diri (control), asal-usul dan pengakuan origin dan ownnership, jangkauan (reach),
serta daya tahan (endurance). Reliabiltas alat ukur diuji dengan teknik alpha cronbach dan
diperoleh hasil koefisien reliabilitas sebesar 0,803 setelah uji coba. Hasil penelitian ini
adalah adversity quotient mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan berada pada tahap sedang.
Dimensi tertinggi dari adversity quotient mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas
Riau adalah pada dimensi origin dan ownership, yaitu kemampuan untuk mengetahui siapa
atau apa yang menjadi asal usul kesulitan (origin), dan bertanggung jawab untuk mengakui
dan mengatasi kesulitan yang dihadapinya.


Keywords


adversity quotient

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i2.3824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.