ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN KELAS DAN PENGAJARAN MIKRO

Dyah Indraswati, Prayogi Dwina Angga, Iva Nurmawanti

Abstract


This study aims to analyze the basic teaching skills of PGSD students, FKIP, University of Mataram in class management and micro-teaching courses. The method used is descriptive quantitative. The research subjects were PGSD semester VI students of class 6E.3, a total of 10 people. The instruments used in the data collection process were assessment rubrics and observation sheets during the last practice of microteaching activities. The 8 aspects of basic teaching skills carried out for the microteaching assessment include questioning skills, explaining skills, using variations skills, reinforcement skills, opening and closing skills, small group and individual teaching skills, class management skills, and small group discussion guiding skills. Based on the results of the research, the average in each aspect of the basic teaching skills is good and ready to continue the practice of introducing the field of schooling (PLP). Aspects of basic teaching skills that need to be improved are closing skills. What is lacking is that some students sometimes do not remember to give further assignments and inform further material, as well as time management that is not precise and not optimal, because time is dominated by core activities.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD, FKIP, Universitas Mataram pada mata kuliah pengelolaan kelas dan pengajaran mikro. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi PGSD semester VI kelas 6E.3 yang keseluruhannya berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah rubrik penilaian dan lembar observasi pada saat praktik terakhir kegiatan microteaching. 8 aspek keterampilan dasar mengajar yang dilakukan untuk penilaian microteaching antara lain keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, keterampilan menggunakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian secara rata-rata pada setiap aspek keterampilan dasar mengajar sudah baik dan siap untuk melanjutkan praktik pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Aspek keterampilan dasar mengajar yang perlu ditingkatkan adalah keterampilan menutup pelajaran. Hal yang dirasa kurang adalah beberapa mahasiswa terkadang tidak ingat untuk memberikan penugasan selanjutnya dan menginformasikan materi selanjutnya, serta pengelolaan waktu yang kurang tepat dan kurang maksimal, karena waktu lebih didominasi untuk kegiatan inti.


Keywords


keterampilan dasar mengajar; microteaching; PGSD

References


Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103

Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran Dan Pengembangannya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 17(01), 61–71. https://doi.org/10.19109/TD.V17I01.25

Darmawan, C. (2020). Implementasi Kebijakan Profesi Guru Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Perspektif Hukum Pendidikan. Wacana Paramarta: Jurnal Ilmu Hukum, 19(2), 61–68. https://doi.org/10.32816/paramarta.v19i2.86

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3), 294376. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169

Hadiwinarto, S. &, Monica, S., & Hadiwinarto, ). (2021). Pengaruh Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend : Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12–23. https://doi.org/10.32502/AMP.V3I2.3054

Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Mudarrisuna, 4(2), 704–719. https://www.unimed.ac.id/2020/05/19/mengkaji-pandemi-covid-19-dari-kacamata-antropologi/

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1). https://doi.org/10.30651/DIDAKTIS.V17I1.1555

Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501

Merry Safitri, Drs. Gede Gunatama, M. H. ., & Ida Ayu Made Darmayanti, S. P. . (2014). Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPBS.V2I1.3288

Mufidah, I., & Asmawi, H. (2017). Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Memberi Penguatan : Sebuah Analisa Korelasional terhadap Minat Belajar Siswa. PALAPA, 5(2), 1–19. https://doi.org/10.36088/PALAPA.V5I2.43

Musofa, M. H. (2020). Evaluasi Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perseorangan Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(4), 228–231. https://doi.org/10.30596/JMP-DMT.V1I4.6977

Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30. https://doi.org/10.26740/EDS.V3N2.P23-30

Ralph, E. G. (2014). The Effectiveness of Microteaching: Five Years’ Findings. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(7), 2349. www.arcjournals.org

Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Prodi Pendidikan Matematika. EKSAKTA (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA), 3(1), 65–72.

Roro, M., & Wahyulestari, D. (2018). Ketrampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2770

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2019). Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Dan Kesiapan Mengajar (Survey pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(02), 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619

Setriani, L. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 238–246. https://doi.org/10.31571/SOSIAL.V4I2.662

Singh, T. (2011). Microteaching revisited. National Medical Journal of India, 24(6), 292–293.

Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 15–24. file:///C:/Users/user/Downloads/7886-15676-1-SM (2).pdf

Syafaatul, H. (2018). Permasalahan Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Selama Mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Tahun 2018. Jpek, 2(2), 84–94.

Tantu, Y. R. P., & Christi, L. Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah PSAP Sains dan Teknologi. Jurnal Basicedu, 4(3), 707–715. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.424

Yuanita, Y. (2019). Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar Pada Perkuliahan Mikroteaching. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 69–84. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1952




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i2.7887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.