Pengaruh Fun Cooking Membuat Laksamana Mengamuk Terhadap Cooperative Learning Anak

Herwina Wina, Rahmah Cici, Nisa Juniartika Nisa

Abstract


This study aims to determine the effect of fun cooking making the admiral rage against cooperative learning of children aged 5-6 years at Aisyiyah Bustanul Athfal Kijang Jaya Kindergarten. This type of quantitative research model is true experiment. The research population is all children aged 5-6 years totaling 40 children. The research sample used a total sampling technique, namely the technique of determining the sample by taking the entire population of 2 classes totaling 40 children. Based on the results of the research and data analysis, it can be concluded that fun cooking makes the admiral go berserk has an effect on the cooperative learning of children aged 5-6 years at Aisyiyah Bustanul Athfal Kijang Jaya Kindergarten. This is evidenced by the results of t count > t table, (9.902 > 1.796) and significance < 0.05 (0.000 <0.05), then Ho is rejected Ha is accepted and the dominance of development is in the BSB category (Very Well Developed). This means that the better the teacher in fun cooking makes the admiral go berserk, the more cooperative learning the children aged 5-6 years will achieve very good development. In addition, it can also be seen from the average value between the control class reaching 41.70 while the experimental class is 42.00. This means that there is a difference where the experimental class with fun cooking is better than the control class in influencing children's cooperative learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fun cooking membuat laksamana mengamuk terhadap cooperative learning anak usia 5-6 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kijang Jaya. Jenis penelitian kuantitatif model true eksperimen. Populasi penelitian yakni seluruh anak usia 5-6 tahun berjumlah 40 anak. Sampel penelitian menggunakan tekhnik total sampling yakni teknik penentuan sampel dengan mengambil seluruh jumlah populasi sebanyak 2 kelas berjumlah 40 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan fun cooking membuat laksamana mengamuk berpengaruh terhadap cooperative learning anak usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kijang Jaya, Hal ini di buktikan hasil t hitung > t tabel,  (9,902>1.796) dan signifikansi < 0.05 (0.000 < 0.05), maka Ho ditolak Ha diterima serta dominasi perkembangan berada pada kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Artinya semakin baik guru dalam fun cooking membuat laksamana mengamuk maka semakin meningkat cooperative learning anak usia 5-6 tahun mencapai perkembangan yang sangat baik. Selain itu juga dilihat dari nilai rata-rata antara kelas kontrol mencapai 41,70 sedangkan kelas eksperimen 42,00. Artinya adanya perbedaan dimana kelas eksperimen dengan fun cooking lebih baik dibandingkan kelas kontrol dalam mempengaruhi cooperative learning anak


Keywords


Fun Cooking; Cooperative Learning; Child

References


Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya), h. 174. 18 Ibid, h. 176.

Adnan, Fatmawati. (2017). Menjelajah Kuliner Tradisional Riau. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fadillah, Siti. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning) dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Umban Sari Pekanbaru Vol 2, No 1

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT. Indeks.

Munandar, Utami. (2012). Pengembangan Cooperative learning Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdiansyah,Eni Feriani, 2016. Inovasi Pembelajaran Model Pembelajaran , Jakarta: Kencana

Patrica, Sayfri. 2015. Konsep Edutainment dan Cooperative Learning (Analisis Relasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan 8(2) : 18-19

Rendulic,S.H. (2010). Let’s Cook! Class Curriculum. Diakses dari http://www.cookingwithkids.net pada tanggal 12 Oktober 2013, Jam 19.30 WIB.

Robert E. Slavin. 2015. Making Cooperative Learning Powerful. Bandung : Nusa Media

Setyawati, 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Fun Cooking di Kelompok B Tk Puspasari, Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Yuliani N & Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.

Widarni 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Masganty Sit. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Medan: Perdana,

Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v12i2.7875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com