ETNOMATEMATIKA : LITERASI NUMERASI ASMAT-PAPUA DITINJAU DARI BAHASA
Abstract
This study aims to describe the cultural numeracy literacy of the Asmat tribe in Papua. This study used a qualitative approach and ethnographic research type. The instruments in this study were interviews and literature studies. The results of this study indicate that the numeracy literacy used by the Asmat people uses a patterned number system. The pattern used is a pattern formed from jump numbers two, three, four, and five. In addition, it also uses a unit base system for numbers 1 to 10 and tens for numbers 11 to 30.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi numerasi budaya suku Asmat Papua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian etnografi. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi numerasi yang digunakan oleh masyarakat suku asmat menggunakan sistem bilangan yang berpola. Pola yang digunakan adalah pola yang dibentuk dari bilangan lompat dua, tiga, empat dan lima. Selain itu juga menggunakan system bilangan dasar satuan 1-10 dan puluhan 11 – 30.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, E. M., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Animals Manipulatife Lotto Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Alfarizky Kids Kabupaten Kampar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 97-107.
SUSILAWATI, S., ANRIANI, N., & HENDRAYANA, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Abad 21 Untuk Guru Matematika (SMP/MTS) Pada Materi Peluang. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.
Fitriatien, S. R. (2016). Pembelajaran berbasis etnomatematika. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Tandililing, E. (2013, November). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. In Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diselenggarakan pada (Vol. 9, pp. 194-202).
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
BAB, I. (2022). PENGERTIAN LITERASI DIGITAL. Literasi Digital, 1. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=q-B1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=ahli+pengertian+literasi&ots=Sv4U0wqN0U&sig=ToZFv8ElORk4OVDPUuunHuZN0SM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false diakses pada tanggal 15 November 2022 pukul 16.067 WIB
Atana Sa’adah, Fiza Zulvia Ningrum, N. Farikha, “Scaffolding
Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk
Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika”, Jurnal Seminar
Nasional Pendidikan Matematika, Vol 2, No 1, Januari 2021.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283.
Mairing, J. P. (2013). Pembelajaran matematika saat ini?. SNMA 2013, 279-286.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.