PENERAPAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

gita sari, otang kurniaman, munjiatun munjiatun

Abstract


This research was motivated by all first graders of elementary school to improve reading ability learning outcomes. The purpose of this study was to improve learning outcomes of early reading skills using the multisensory method and the factors experienced by students with reading difficulties. This type of research is classroom action research (CAR). Sources of data in this study are teachers and students with research subjects are all first grade elementary school students. Reading is the teacher's goal of understanding for children who have just entered and are in elementary school and are intended to be able to start reading. Learning to read is a very important basic academic effort. The results of this study are to improve learning outcomes of early reading skills in early grade elementary school children by using the multisensory method where in the application of this learning method can improve the learning process in the classroom and can improve learning outcomes student.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seluruh kelas I Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca. tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode multisensori dan faktor-faktor yang dialami kesulitan membaca oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I Sekolah Dasar. Membaca menjadi tujuan pemahaman guru kepada anak yang baru masuk dan duduk di bangku Sekolah Dasar dan ditujukan agar bisa membaca permulaan. Pembelajaran membaca adalah upaya dasar akademik yang sangat penting.Hasil dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca permulaan pada anak kelas awal Sekolah Dasar dengan menggunakan metode multisensori dimana dalam penerapan metode pembelajaran ini dapat memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References


Amaros, Y.R. (2018). Peran Kegiatan Fun Cooking dalam Kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak. Jurnal Al-Azar Indonesia Seri Humaniora. No.4:257

Andriani, S., & Elhefni, M. (2015). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Eja bagi Siswa Berkesulitan Membaca (Disleksia) (Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Quraniah VIII Palembang). Jurnal Psikologi, volume 1.

Abas, (2006) Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Arikunto, dkk. (2015) Penelitian Tindakan Kelas.Bumi Aksara.Jakarta

Dewi, (2015). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Vol.III No.1 Maret 2015.

Fauzi. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan , 32 (2), 95-105.

Kusumaningtyas, Diah. (2016). Efektivitas Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Menulis Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas II Di Muhammadiyah Demangan Yogyakarta.Skripsi.Yogyakarta.Program Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. (2017). Strategi Pembelajar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo, S. (2003). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Pratiwi, I. M. dan Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 26 (1), 69-76.

Putri, E.I.E . (2018). Humanis dalam Mendidik. Tarbiyatuna. Jurnal Kajian Pendidikan Islam.

Purwanto.2016.Evaluasi Hasil Belajar.Pustaka Pelajar.Yogyakarta

Rizkiana, D. (2016). Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca. Jurnal Pendidikan. 1 (1), 19-26. Diperoleh pada 14 November 2019,

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian pendidikan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto.2011.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Prenada Media.Jakarta

Usman, H. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: PT: Bumi Aksara Aprida, Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.3(02)

Kusumaningtyas, Diah. (2016). Efektivitas Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Menulis Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas II DiMuhammadiyahDemanganYogyakarta.Skripsi.Yogyakarta.Program Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sadiman, Arief, dkk. Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan psikologi Proses Pendidikan, (Bnadung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004), 102-103

Wibawa, Basuki. "Penelitian tindakan kelas." Jakarta: Dirjen Dikdasmen (2003): 2572-2721.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com