PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 UNTUK KELAS III SDN 66 PEKANBARU
Abstract
The problems discussed in this study are 1) how is the development of animated videos on theme 4 sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru, 2) how are the responses of teachers and students in , 3) How is the validity of developing animated videos in Theme 4 Sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru. This study aims to describe the development of animated videos in Theme 4 Sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru, find out the validity of animated videos developed in Theme 4 Sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru, and determine teacher and student responses to animated videos developed in Theme 4 Sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru. This type of research is development research with reference to the ADDIE. The product developed based on initial research is an animated video on Theme 4 Sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru. The test subjects in this development research were expert validators, namely design experts, linguists, and material experts, as well as third grade students at SDN 66 Pekanbaru and class teachers at SDN 66 Pekanbaru. The technique of collecting data in this study was through validation and teacher response questionnaires. This questionnaire is used to assess the animation videos developed in terms of the physical video, the language used in the development of the animated videos, and in terms of the completeness of the content of the material. Data were analyzed descriptively, quantitatively and qualitatively. The results showed that, in testing the validity of the animated video media on theme 4 sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru, it was included in the valid category. After the revision, the animated video media is included in the very valid category. Thus, the development of animated videos on theme 4 sub-theme 1 for class III SDN 66 Pekanbaru is suitable for use by students.
Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pengembangan video animasi pada tema 4 subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru , 2) bagaimana respon guru dan siswa dalam , 3) Bagaimana validitas pengembangan video animasi pada Tema 4 Subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengembangan video animasi pada Tema 4 Subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru, mengetahui validitas video animasi yang dikembangkan pada Tema 4 Subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap video animasi yang dikembangkan pada Tema 4 Subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendekatan ADDIE. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah video animasi pada Tema 4 Subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru. Subjek ujicoba dalam penelitian pengembangan ini adalah validator ahli, yaitu ahli desain, ahli bahasa, dan ahli materi, serta siswa kelas III SDN 66 Pekanbaru dan guru kelas SDN 66 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui validasi dan angket respon guru. Angket ini digunakan untuk menilai video animasi yang dikembangkan dari segi fisik video,segi bahasa yang diguanakan dalam pengembangan video animasi, dan dari segi kelengkapan isi materi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji kevalidan media video animasi pada tema 4 subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru termasuk dalam kategori valid. Setelah dilakukan revisi, media video animasi termasuk dalam kategori sangat valid. Dengan demikian, pengembangan video animasi pada tema 4 subtema 1 untuk kelas III SDN 66 Pekanbaru ini layak digunakan oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annisa, Leni Arbaatin, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2021. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.2 (2021): 4790-4794
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Aurora, Aviva, and Hansi Effendi. 2019. "Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Padang." JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) 5.2 (2019): 11-16.
Darmadi, Hamid. 2015. "Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional." Edukasi: Jurnal Pendidikan 13.2 (2015): 161-174.
Fadillah, Akhmad. 2021. "TANTANGAN GURU DAN PENGARUH TEKNOLOGI DALAM MENDIDIK DI ABAD 21."
Fauzani, Asrah Rezki. 2013. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR KELOMPOK PADA PERAWATAN KULIT WAJAH TIDAK BERMASALAH TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Diss. UNIMED, 2013.
Fitriani, Nina. 2019. "Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar." Jurnal Tunas Bangsa 6.1 (2019): 104-114.
Hasma, Hasma. 2017. "Keterampilan dasar guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan." Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 17.1 (2017).
Kustandi, Cecep., Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Maulidiyah, Catri. 2022. "Pengembangan Video Animasi Berbasis Plotagon dan Kinemaster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang." Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 6.1 (2022): 76-85.
Minsih, Minsih. 2018. "Peran guru dalam pengelolaan kelas." Profesi pendidikan dasar 5.1 (2018): 20-27.
Ngafifi, Muhamad. 2014. "Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya." Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2.1 (2014).
Purwanto, Didik. 2013. "Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP Kelas VII." Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains 1.01 (2013).
Rahman, Syaiful, Wahid Munawar, and Ega T. Berman. 2014. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk." Journal of Mechanical Engineering Education 1.1 (2014).
Syahbudin, Eko. 2020. EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs WAHID HASYIM DAU MALANG. Diss. Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.
Suyono, dan Hriyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Susmiyanti, Susmiyanti. "Penggunaan Model Pembelajaran “STALAKMID” Untuk Meningkatkan Kemampuan Membacakan Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 7 Muaro Jambi." Jurnal Ilmiah Dikdaya 11.2 (2021): 336-341.
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Sholihatin, Laily. 2020. "Pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi plotagon pada siswa ma nu petung panceng gresik." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6.6 (2020): 320-326.
Solichin, Solichin. 2022. "Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Dubbing Video Animasi." Attractive: Innovative Education Journal 4.1 (2022): 184-198
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.