PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

sintya hayaturrohmah, Mahmud Alpusari, Guslinda Guslinda

Abstract


This study aims to determine the effect of animated video media on natural science subjects to improve the learning outcomes of elementary school students. This type of research is a Quasi Experiment with a Nonequivalent Control Group Design, the experiment that conducted by two groups or two classes, consists of experimental class and control class. This research was conducted in 5 th grade SD Negeri 006 Balai Jaya. The results showed that the average score of the learning outcomes test given pre-treatment (pretest) in experimental class was 39,54 ; while the average score of the learning outcomes test given final treatment (posttest) was 81,93. The hypothesis test showed the probability sig (2-tailed) 0,000 < 0,005, then Ho was rejected and Ha was accepted. It indicates that there’s an effect of using animated video media on natural science subjects in 5th grade SD Negeri 006 Balai Jaya between given pre-treatment (pretest) and given final treatment (posttest). In conclusion, using animated video media on natural science subjects can improve the student’s learning outcomes in 5th grade SD Negeri 006 Balai Jaya for the 2021/2022 academic year.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 006 Balai Jaya kelas V. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum diberi perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen sebesar 39.54, sedangkan rata-rata skor tes hasil belajar setelah diberi perlakuan (posttest) sebesar 81.93. Serta hasil uji hipotesis menunjukan hasil sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang mana 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan media video animasi pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 006 Balai Jaya antara sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Sehingga adanya pengaruh media video animasi pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas V SD Negeri 006 Balai Jaya tahun ajaran 2021/2022


Keywords


Video animasi, hasil belajar

References


Adriana, Ira. Sofia. 2007. Penerapan Teori Belajar Ipa dan Penalaran Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Surabara Intelectual Club.

Ahmad, Faizurah. 2014. Efektifitas Kerja Pegawai Dinas SOsial Prov.Sul-Sel. Skripsi. Universitas Hasanudidin.

Anufia, Budur. 2019. Instrumen Pengumpulan Data.

Anwar, Ali. 2009. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Kediri: IAIT Press.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Cheppy, Riyana. 2017. Pedoman Pengemabangan Media Video. Jakarta.

Ekayani, Putu. 2017. Pentingnya penggunaan media pembelajaran meningkatkan presentasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendiidkan Universitas Ganesha Singaraja.

Ery, Rambu. 2016. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FAkultas Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Febriyanti, N. 2021. Implementasu Konsep Pendiidkan menurut Ki Hajar DewantaraIwantara, W.I., Sadia, WI., Suma,KL. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa.

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Magdalena, I. et al. (2021), Analisis Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir soal Ujian AKhir Semester Tema 7 Kelas III Sdn Karet 1 Sepatan,BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains.

Mujianti, Haryadi. 2019. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar.

Ngadino, Y. 2009. Pengemabangan Media Pembelajaran. Surakarta: Pendidikan Profesi Guru SKIP UNS

Riyana, C. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sadirman, Arief (dkk). 1996. Medua Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pres.

Sanaky. 2009. Media pembelajaran. Yogyakarta: Safaria Insania Pres. Dwiyanti, R. (2013). Prosiding Seminar Nasional Parenting. Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg), 161–169. Yogyakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALfabeta.

Sukiyasa, Kadek dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Aminasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan.

Sutrisno Hadi. 2015. Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.