Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Karakter Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Syavara Ramadhani Arianto, Erlisnawati Erlisnawati, Zufriady Zufriady

Abstract


This study aims to produce good character animation video media that can be used in social studies learning in elementary schools. The development model used is the ADDIE model. The data in this study were collected in the form of questionnaires and interviews. The media feasibility assessment was obtained from the validation results by 2 validators, namely media experts and material experts, one-on-one trials, limited trials, and teacher responses. Validation from material experts got a percentage score of 98.8%. Validation from media experts got a percentage score of 85.11%. The one-on-one trial got a percentage score of 87.27%. The limited trial got a score of 89.01% and the teacher's response got a score of 86.9%. Based on the average score of each media validator, it can be categorized as very feasible to use. The media received responses with very good categories for teacher responses and student responses. Therefore, the media can be used in social studies learning in elementary schools.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi karakter yang baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran ips di Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE . Data dalam penelitian ini dikumpulkan dalam bentuk angket dan wawancara. Penilaian kelayakan media didapatkkan dari hasil validasi oleh 2 validator yaitu ahli media dan ahli  materi, uji coba satu-satu, uji coba terbatas, serta respon guru. Validasi dari ahli materi mendapat skor persentase sebesar 98,8%. Validasi dari ahli media mendapat skor persentase 85,11%. Uji coba satu-satu mendapatkan skor persentase 87,27%. Uji coba terbatas memperoleh skor 89,01% dan respon guru mendapatkan skor 86,9%.  Berdasarkan rata-rata skor dari masing-masing validator media dapat dikartegorikan sangat layak untuk digunakan. Media mendapatkan respon dengan kartegori sangat baik untuk respon guru maupun respon siswa. Oleh karena itu media dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

 


Keywords


Media pembelajaran, video animasi karakter, IPS,

References


Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Pers.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, August, 26. file:///E:/Renc Skripsi/AniCahyadiPengembanganMedia.pdf

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Hapsari, A. S., Hanif, M., Gunarhadi, & Roemintoyo. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352

Kartowagiran, U. W. dan B. (2016). Developing anim ation video m edia to im prove learning m otivation and character hard w ork on the fifth grade students ofelem entary school. Pendidikan Karakter, 232–245.

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kratonkencong. 2001, 158–164.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Pers.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Risabethe, A., & Astuti, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498

Sadiman, A. (2008). Media Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Salamah, E. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(01), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1251

Saputra, I. M. M., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. 5(1), 10–16.

Setyosari, P. (2013). Metode Penetilian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Prenadamedia Gruop.

Supriatna, N. (2007). Pendidikan IPS Di SD. Universitas Pendidikan Indonesia.

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com