Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Melalui Kegiatan Fun Cooking Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Raja Junior Lubuk Raja

Nurfa Triyanti, Yeni Solfiah

Abstract


This research aims to improve the ability of measurement through fun cooking activity of the 5-6 years old children from children from Raja Junior kindergarten in Lubuk Raja Pelalawan. This research uses classroom action research (PTK) with 4 steps of implementing the action which are planning, implementing, observing and reflecting. Data collecting method that is used in this research was direct obsevation with questionnaire being utilized. Data analysis results of the increase of the measurement ability that was obtained from before the action to cycle I is 40%. While the increase of the measurement ability from cycle I to cycle II is 31%, and the overall result of the increase of the measurement ability from the initial data to cycle II is amounted to 84%.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengukuran melalui kegiatan fun cooking pada anak usia 5-6 tahun di TK Raja Junior Lubuk Raja Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 langkah penerapan tindakan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan menggunakan angket. Hasil analisis data peningkatan kemampuan pengukuran yang diperoleh dari sebelum dilakukannya tindakan ke siklus I sebesar 40%. Sedangkan peningkatan kemampuan pengukuran dari siklus I ke siklus II sebesar 31%, dan secara keseluruhan peningkatan kemampuan pengukuran dari data awal ke siklus II sebesar 84%.


Keywords


Kegiatan Fun Cooking, Kemampuan Pengukuran, Anak Usia 5-6 Tahun

References


Arinal Hasnah Putri Fatmawati, dkk. Perkembangan Kreativitas Melalui Bermain fun cooking. FKIP Universitas Lampung, Jl Prof. Dr. Soemantri Bojonegoro No 1. (online) http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14097 (di akses tanggal 3 Juni 2022)

Charleswort, Rosalind. 2005. Experiences in math for young children. Edisi ke-5. US: Thomson Delmart Learning.

Devi, dan Subhan. 2020. Penigkatan Kemampuan Pengukuran Melalui Metode Pemecahan Masalah Dengan Media Konkret Pada Anak Kelompok B TK Madhani. Jurnal Cikal Cendikia PG PAUD Universitas PGRI Yogyakarta, Vol 01 No 01, (online). https://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/917/0 (di akses tanggal 31 Mei 2022)

Hayati Sihddiq, dkk. 2021. Measurement Ability Profile For Children Aged 4-6 Years. Early childhood Education and Development Journal Program studi PG-PAUD Universita Sebelas Maret. (online) https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1528-1167.2005.62304.x (di akses tanggal 31 mei 2022)

Luckrista, E. J. A., & Komala Sari. 2015. Pengaruh Permainan Kayu Melele Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Anak. Jurnal mahasiswa teknologi pendidikan, Volume 4. No 2. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/11686 (diakses tanggal 6 september 2019)

Rasid Juaeha, dkk. Kajian Tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Menigkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Khairun Ternate. (online) http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2041 (di akses tanggal 3 Juni 2022)

Sa´ida Naili, dkk.2017. Problem Based Learning Sebagai Upaya Pengenalan Konsep Pengukuran Pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 3c, (online) http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1076 (di akses tanggal 31 Mei 2022)

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Susanti santi, dkk. 2020. Penerapan Model Konstextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Menigkatkan Kemampuan Pengukuran Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Edukids: jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 17 (1). (Online), https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/307. (di akses tanggal 31 Mei 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.