Penggunaan Media Big Book Berbasis Budaya Minangkabau Dalam Meningkatkan Bahasa Pada Anak Usia Dini
Abstract
Language can be interpreted as a tool to convey something that comes to mind or a tool to interact or a tool to communicate in the sense of a tool to convey thoughts, ideas, concepts or feelings. Developing language for early childhood requires learning media that can be applied in language development. The purpose of this research is to describe the use of big book media based on Minang kabau culture in improving language in early childhood. This type of research uses qualitative descriptive with the research location in TK Iffat Payakumbuh. The results of the study using a big book based on the Minang Kabau culture can improve children's language such as listening, expressing and introducing reading to children in preparation for entering high school
Bahasa dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas dalam pikiran di hati atau alat untuk berinteraksi atau alat untuk berkomunikasi dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Mengembangkan bahasa anak usia dini, diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam perkembangan bahasa. Tujuan Penleitian ini untuk mendiskripsikan pengguanan medi big book berbaasis budaya Minang kabau dalam meningkatkan bahasa pada anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di TK Iffat Payakumbuh. Hasil penelitian menggunakan big book berbasis budaya Minang Kabau dapat meningkatkan bahasa anak seperti menyimak, mengungkapkan serta mengenalkan membaca kepada anak untuk persiapan masuk sekolah lanjut
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita.
Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1-5
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246.Fielding-Barnsley, Ruth. 2007. “Facilitating Children’s Emergent Literacy Using Shared Reading : A Comparison of Two Models.” Australian Journal of Language and Literacy 30:191–202.
Flack, Zoe M., Andy P. Field, and Jessica S. Horst. 2018. “The Effects of Shared Storybook Reading on Word Learning: A Meta-Analysis.” Developmental Psychology 54(7):1334–46. https://doi.org/10.1037/dev0000512.
Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242.
Harjanty, R., & Muzdalifah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook Terhadap Kemampuan Menyimak Anak. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 121-125.
Hardiyanti, widya dwi(2020) Penggunaan metode bermain secara berkelompok pada kemampuan menyimak anak usia 5-6.Jurnal edichild v9
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan kemampuan bahasa Anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14.
Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode storytelling menggunakan media big book. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 1(02).
Khairin, Friska Nisa. 2012. “Pengaruh Terapi Musik Mozart dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif dan Ekspresif pada Anak Autistik di SLB BC Pambudi Dharma 1 Cimahi.” other, Universitas Pendidikan Indonesia.
Levy, Rachael, Melanie Hall, and Jenny Preece. 2018. “Examining the Links between Parents’Relationships with Reading and Shared Reading with Their Pre-School Children.” International Journal of Educational Psychology 7(2):123
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 14(2), 87-99.
Rosalina, Anita. (2011). “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui
Kegiatan Bermain.” Psychoidea 9, no. 1
Sugiyono, (2017). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan
R&D”. Bandung: Alfabeta
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media big book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67-78. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2021). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “ Manjujai ” untukStimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Zulaika, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Big Book Dengan Sasaran Anak Usia Dini Di PAUD Darul Fathonah Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4).
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.