Analisis Penggunaan Kata Berimbuhan pada Antologi Cerita Pendek Mahasiswa PGSD UNRI Angkatan 2017

Arni Nadirudin, Otang Kurniaman, Guslinda Guslinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kata berimbuhan pada antologi ceritapendek yang disusun oleh mahasiswa PGSD UNRI angkatan 2017. Metode penelitian yang digunakanadalah kualitatif. Hasil penelitian kesalahan penggunaan kata berimbuhan pada awalan meng- karenaadanya perubahan bentuk jika digabungkan dengan kata dasar yang berawal fonem tertentu. Awalan diterdapat banyak kesalahan karena mahasiswa PGSD UNRI masih kurang memahami penggunaanimbuhan di- dan di- yang fungsinya sebagai kata depan. Untuk imbuhan gabungan tidak terlalu banyakkesalahan.  This study aims to describe the use of words with affixes in the anthology of short stories compiled by PGSD UNRI students class 2017. The research method used is qualitative. The results of the study error in the use of words with affixes in the prefix meng- because there is a change in form when combined with basic words that start with certain phonemes. The prefix di- there are many mistake because PGSD UNRI student still do not understand the use of the affixes di- and di- which function as prepositios. For compound affixes not too many errors.

Keywords


Kata berimbuhan, Antologi cerita pendek

References


Anggita, Endi dkk. 2021. “An Analysis of Derivational Affixes Found In The Robin Hood Novel by Henry Gilbert”. English Teaching, Literature and Linguistic (Eternal). hlm, 897-910.

Chaer. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Masitoh, Tuti. 2018. “Analisis Ketepatan Penggunaan Imbuhan Ke-an dan Imbuhan Di- pada Karangan Eksposisi”. Jurnal Program Studi PGMI. 5(1), hlm 31-38.

Mustakim. 2015. Bentuk dan Pemilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur, Kiki Zakiah. 2019. “Kesalahan Bentuk dan Pilihan Kata dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik di Provinsi Lampung”. Jurnal Kelasa. 14(2), hlm 259-274.

Remijsen, Bert dkk. 2016. “Stem-Internal and Affixal Morphology in Shilluk”. The Oxford Handbook of Inflection. hlm, 1-30.

Rosidin, M, dkk. 2019. “Sistem Kelas Kata Berimbuhan Menggunakan Algoritma Porter Stemmer sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Telematika. 16(1), hlm 11-17.

Sari, Yana Indah. 2018. Analisis Kesalahan Penggunaan Prefiks dalam Cerpen Siswa Kelas IX SMP NEGERI 43 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: Unversitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Riza dan Agus Nuryatin. 2017. “Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari”. Jurnal Seloka. 6(3), hlm 314-322.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i1.7753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com