PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FELIX FUN KIDS KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR
Abstract
This study aims to find out the influence of maternal intererpersonal communication on the speech skills of children aged 5-6 years. This research was conducted at Felix Fun Kids Kindergarten, Siak Hulu District, Kampar Regency. The sample was used as many as 52 people. Data collection techniques in this study through questionnaires and observation sheets. Data analysis techniques use Simple Linear Regression. The results showed that the influence of maternal interpersonal communication on the speaking skills of children aged 5-6 years in Felix Fun Kids Kindergarten, Siak Hulu District, Kampar Regency led to a positive relationship. The percentage of the influence of maternal interpersonal communication on the speech skills of children aged 5-6 years is 59.1%, while the rest is influenced by other factors.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi intererpersonal ibu terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Felix Fun Kids, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Sampel yang digunakan sebanyak 52 ibu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner angket dan lembar observasi. Teknik analisa data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengaruh komunikasi interpersonal ibu terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Felix Fun Kids Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar mengarah ke hubungan yang positif. Persentase pengaruh komunikasi interpersonal ibu terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun adalah sebesar 59,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Andhita Sari. 2017. Komunikasi antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.
Erni, A. (2017). Komunikasi Interpersonal Keluarga Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia 1-5 Tahun. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1).
Essa, Eva L. Introduction to Early Childhood Education Annoted Student’s Edition Canada:Thomson Delmar Learning, 2011.
Feeney, Stephanie Doris Christensen & Eva Moravcik, Who Am I in the Lives of Children? Seventh Edition New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall, 2011.
Liansari, V. (2017). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Usia Dini dengan Speech Delay di TK Aisiyah Rewwin Waru. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 159-164.
Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2).
Ria Novianti dan Ilga Maria. 2020. Pendidikan Keorangtuaan. Bandung: Ellunar
Riza, E. (2017). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Ibu dan Anak Terhadap Kemampuan Berbicara Anak (Studi Ex Post Facto Anak Usia 4-5 Tahun Pada Kelompok A Taman Kanak Kanak Islam Kelurahan Pondok Bambu Jakarta Timur). Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 1(1), 35-40.
Setiawati. (2011). Penuntun Praktis Asuhan Keperawatan Keluarga. Edisi 2. Jakarta: Trans Info Media
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suriasumantri, Jujun S. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2010.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i2.7745
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.