POLA ASUH BUDAYA SUNDA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Elis Nur Megawati, Rr. Deni Widjayatri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur tentang ciri khas pola asuh budaya Sunda dan pengaruhnya dalam pembentukan karakter anak. Educhild ini dapat digunakan langsung dalam tulisan yang akan anda kirimkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur yang berasal dari Google Scholar dengan menganalisis terhadap artikel-artikel yang dipublikasi dari tahun 2013-2022. Berdasarkan hasil telaah artikel menemukan bahwa pola asuh pada budaya Sunda yang memiliki khas dengan melibatkan nilai-nilai budaya Sunda pada pola asuh seperti penanaman pedoman hidup sunda dengan  nilai-nilai Sunda silih asih, silih asah dan silih asuh, nilai-nilai mitos dan pamali, serta nilai tolong-menolong dan gotong royong,rendah hati, pembiasaan penggunaan bahasa sunda sejak dini, pengenalan adat istiadat, musik sunda, busana. Berdasarkan hasil telaah literatur ini, maka dapat disimpukan bahwa budaya sunda yang dikenal nilai-nilai budaya yang khas dan memiliki pedoman hidup menjadikan hal tersebut sebagai pola asuh turun temurun yang dapat membentuk karakter anak.

Keywords


Pola Asuh, Budaya Sunda, Pembentukan Karakter dan Anak Usia Dini

References


Fitria, N. (2016). Pola asuh orang tua dalam mendidik anak usia prasekolah ditinjau dari aspek budaya Lampung. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 99–115. https://core.ac.uk/reader/229583638

Fitriyani, A., Suryadi, K., & Syam, S. (2015). Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai Budaya Sunda. Sosietas, 5(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i2.1521

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Madjid, M. A. S. R. V., Abdulkarim, A., & Iqbal, M. (2016). Peran nilai budaya sunda dalam pola asuh orang tua bagi pembentukan karakter sosial anak. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 1–7. http://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/download/4956/3482

Wardiana, A. (2020). Jurnal Ilmu Budaya Dasar. Jurnal Ilmu Budaya Dasar, 8, 11.

Supanto, et al. (1990). Pola Pengasuhan Anak Secara Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahidin, A. (2018). Tinjauan Dan Hukum Tasyabuh Perspektif Empat Imam Madzhab. Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 6(01), 49. https://doi.org/10.30868/am.v6i01.245

Diananda, A. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak. Journal ISTIGHNA, 1(2), 1–21. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.1

Hermawan, D. (2013). Angklung Sunda Sebagai Wahana Industri Kreatif dan Pembentukan Karakter Bangsa. Panggung, 23(2), 171–186. https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.95

Isnendes, R. (2014). Estetika Sunda Sebagai Bentuk Kearifan Lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 194–206.

Karawang, U. S., Barat, J., & Bandung, K. (2021). Early Childhood : Jurnal Pendidikan BUDAYA SUNDA PADA ANAK USIA DINI Indonesia memiliki macam. 5(2), 118–129.

Kembara, M. D., A, R. W., Rozak, Hadian, V. A., Nugraha, D. M., Islami, M. R. F., & Parhan, M. (2021). Etnisitas dan Kearifan Lokal: Penerapan Nilai-Nilai Budaya Sunda dalam Pembentukan Karakter Generasi Milenial. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(1), 1–17.

Kusumasari, R. N., & Suhartini, T. (2019). Permainan Tradisional Sunda Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi & Desain Visual, 1(1), 28–33. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jkd/article/view/41

Nashihin, H. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Hukum Perumahan, 482. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=X27IDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pendidikan+karakter+di+pesantren&ots=k0C-j8m1bQ&sig=05jGnwmZex6GY1Kzh-F5lkjtL50&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan karakter di pesantren&f=false%0Ahttps://books.google.co.id/books?i

Nurrachman, A., & Rina, N. (2021). Komunikasi Keluarga Pada Pola Asuh Anak Di Masyarakat Adat Kampung Cireundeu. EProceedings …, 8(2), 1735–1746. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14842/14619

Patimah, Z. S., Rahman, H., & ... (2021). Manajemen Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Putra Indonesia. Jurnal Pendidikan …. http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/19

Rahartini, R., & Hamid, S. I. (2021). Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Kecamatan Arcamanik Kota Bandung the Description of Parents ’ S Parenting in Children ’ S Independent Aged 4-5 Years Old in Ra. 4, 1–10.

Sari, S. P., Megawati, A. S., & Maulana, I. R. (2021). Kesiapan Nilai Tradisional Masyarakat Sunda dalam Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 23(2), 215–230. https://doi.org/10.14203/jmb.v23i2.1118

Wiradimadja, A. (2018). Nilai-Nilai Karakter Sunda Wiwitan Kampung Naga sebagai Bahan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 103–116. https://doi.org/10.17977/um033v1i12018103

Megawangi, Ratna. 2010. Membangun Karakter Anak melalui Brain-based Parenty (Pola Asuh) Ramah Ota.

Satriana, M. (2013). Permainan Tradisional Berbasis Budaya Sunda Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini (Studi Etnografi di Desa Jatitujuh Kabupaten Majalengka-Jawa Barat, Tahun 2011). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 65–84.

Encang Saepudin, N. A. D. (2016). Nilai-Nilai Budaya Sunda dalam Permainan. Jispo, 6(1-Januari-Juni), 1–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v11i1.7744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com