PERAN GURU DALAM KEGIATAN BERMAIN ANAK DI LUAR KELAS DI TK SE-GUGUS TERATAI KOTA BENGKULU

ade diona, Muhammad Nasirun, Yulidesni desni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas di TK Se-gugus Teratai Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUD di TK Se-gugus Teratai Kota Bengkulu yang berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas di TK Se-gugus teratai Kota Bengkulu rata-rata memiliki peran yang baik. Peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas sebagai pengamat dikategorikan baik, peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas sebagai elaborator dikategorikan baik, peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas sebagai model dikategorikan baik, peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas sebagai evaluator dikategorikan baik, dan peran guru dalam kegiatan bermain anak di luar kelas sebagai perencana dikategorikan baik. Sebaiknya guru mempertahankan kualitas perannya dan memaksimalkan perannya dalam kegiatan bermain anak di luar kelas sesuai dengan peran guru pada kegiatan bermain di luar kelas.


Keywords


Peran Guru, Kegiatan Bermain

References


Ardi, W. I., & Devianti, R. (2021). Peran Guru terhadap Aktivitas Bermain Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 125–134. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.344

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Asmarani, R. A. F. (2020). Peran Guru Dalam Pengawasan Pembelajaran Daring/Online Pada siswa Kelas III MI Asas Islam. 69.

Asrori, I. (2015). Bercerita Dan Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dan Madrasah. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 1(1), 1–7. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/3

Atlanta, T. (2019). Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Meliau. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Azizah, A. N. (2014). Peraturan Pemerintah dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.

Castro, P. B. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2014). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gunayanti, I. G. A. D., Suarni, N. K., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Bermain Outdoor Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. 3(1).

Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan. Jawa Tengah : Muhammadiyah University Press.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi : Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Kariadinata, R., & Abdurahman, M. (2015). Ukuran Pemusatan Data. Bandung : CV Pustaka Setia.

KBBI. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Khairunnisyah, D. (2015). Aturan Keamanan Area Bermain Outdoor Anak Usia Prasekolah Di Tk Lkia III Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(11), 1–10.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 11.

Lantaeda, S. B., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2017). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik, 4(48).

Mahmudi, M., & Kandiri, K. (2019). Metodologi Pembelajaran Anak Usia Dini (Paud). LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 12(2), 251–266. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v12i2.153

Maryani, K. (2020). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Rumah Pada Anak Usia Dini. Prosiding: Seminar Nasional Online, 23–31. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/714

Musfiroh, T. (2018). Teori dan Konsep Bermain. Repository Universitas Terbuka.

Netrawati. (2009). Peran Guru Taman Kanak-kanak Dalam Perkembangan Bermain Anak Di Sekolah. Padang : Universitas Negri Padang.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publisihing.

Purnama, S., Hijriyani, Y. S., & Heldanita. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Resty, P., Ali, M., Yuniarni, D., & Halus, M. (2016). Analisis Peran Guru dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal iii. 2, 1–10.

Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ririn. (2020). Implementasi Kegiatan Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Pkk Banjarjo Pudak Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2132

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Savana, E. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Suren Ledokombo Jember. September, 107.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sudarma, M. (2013). Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tedjasaputra, M. S. (2001a). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta : PT Grasindo.

Tedjasaputra, M. S. (2001b). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Uno, B. H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek yang Memengaruhi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Yuliariatiningsih, M. S. (2015). Aktivitas Bermain Di Luar Ruangan Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. 5(1), 45–48.

Yusuf, M., & Daris, L. (2018). Analisis Data Penelitian. Bogor: PT Penerbit IPB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i2.7743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com