ANALISIS KEMAMPUAN GURU PAUD DALAM MEMBUAT ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI TK SE-GUGUS TERATAI KOTA BENGKULU

Mirta Haryani, Muhammad Nasirun, Mona Ardina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan guru PAUD dalam membuat Alat Permainan Edukatif di TK Se-Gugus Teratai Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUD di TK Se-Gugus Teratai Kota Bengkulu yang berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yang mana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian kemampuan guru PAUD dalam membuat Alat Permainan Edukatif di TK Se-Gugus Teratai Kota Bengkulu rata-rata memiliki kemampuan cukup. Kemampuan guru dalam membuat APE sesuai syarat edukatif masuk kedalam kategori baik, kemampuan guru dalam membuat APE sesuai syarat teknis dan syarat estetika masuk kedalam kategori cukup. Sebaiknya guru lebih memanfaatkan dan mengasah kemampuan yang dimiliiki dalam membuat APE dengan selalu menyesuaikan pada syarat-syarat pembuatan APE dan menambah pengetahuan mengenai syarat-syarat pembuatan APE.

Keywords


Kemampuan Guru, Alat Permainan Edukatif

References


Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Budiartati, E. (2007). Pembelajaran Melalui Bermain Berbasis Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan, 36(2), 96–103.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Fadillah, M. (2017). Buku ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Gomes, F. De. (2019). Pelatihan Pembuatan APE : Solusi Atas Kesulitan Menstimulasi Perkembangan AUD Bagi Guru di PKG CA NAI , CIBAL. Randang Tana (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 2(2), 89–178.

Hanifah, N., & Julia. (2014). Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Jawa Barat : UPI Sumedang Press.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dari Botol Plastik Dan Koran Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Kariadinata, R., & Abdurahman, M. (2012). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kusuma, T. C., & Listiana, H. (2021). Pengembangan Pembuatan APE bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Siahaan, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan. Medan : CV Widya Puspita.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi, & Ulfah, M. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yasbiati, & Gandana, G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Zaman, B. (2006). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Taman Kanak-Kanak. Program Pendidikan Taman Kanak-Kanak (PGTK) Fakultas Ilmu Pendidikan UPI, 3–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i2.7741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com