KENDALA GURU DALAM PENGELOLAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF OUTDOOR DI TK SE-GUGUS TERATAI KOTA BENGKULU

Siti Aisyah Meizharini, Muhammad Nasirun, Mona Ardina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif (APE) Outdoor di TK Se-Gugus Teratai Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling  dengan jumlah populasi dan sampel penelitian sebanyak 19 orang guru di TK Se-Gugus Teratai Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan rumus persentase. Hasil penelitian kendala guru dalam pengelolaan APE Outdoor yaitu guru mengalami kendala dalam hal membangun dan mengatur APE Outdoor karena kurangnya APE dan terdapat beberapa APE Outdoor dalam keadaan yang rusak sehingga guru tidak dapat mengatur APE Outdoor dalam pembelajaran. Saran penelitian bagi pihak sekolah yaitu memperhatikan jumlah ketersediaan dan kondisi APE Outdoor agar tercapainya tujuan pembelajaran dalam pengelolaan APE Outdoor.

Keywords


Kendala Guru, Pengelolaan, Alat Permainan Edukatif.

References


Andinna, K., & Miranda, D. (2015). Analisis Pengelolaan Area Bermain Outdoor Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Lkia Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(11), 1–11.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan (P. R. Rosdakarya (ed.)).

Aziz, T. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Duta Media Publishing.

Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Kencana.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.

Hisyam, M. (2019). Implementasi Pembentukan Karakter Anak Melalui Sekolah Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Di Mtsn 6 Jombang. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35077

Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana Prenada Media Group.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publisihing.

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Grasindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilowati, R. (n.d.). Strategi Belajar Outdoor Bagi Anak PAUD. 65–82.

Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(1), 59–67.

Yasbiati, & Gandana, G. (2019). Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i2.7739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com