PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM LAYANAN HOLISTIK INTEGRATIF DI PAUD TERPADU MUTIARA BUNDA BENGKINANG KABUPATEN KAMPAR

NANI Buadanani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan holistik integratif di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Bengkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau dengan menganalisis menggunakan model CIPP. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat observasi yang digunakan berbentuk catatan lapangan, wawancara dilakukan pada kepala sekolah, pendidik dan orang tua anak didik. Penyelenggaraaan PAUD Holistik integratif memiliki landasan PP No 60 Tahun 2013 dengan penyelenggaraan yang mengacu pada petunjuk teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2015 serta adanya panduan khusus yang disusun oleh pengelola menyesuaikan dengan kondisi  daerah dan lingkungan lembaga. Secara keseluruhan 5 (Lima) layanan holistik integratif  yaitu pendidikan, kesehatan, gizi dan keperawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan telah terimplementasi dengan baik. Kegiatan yang menarik dan bervariasi menyesuaiakan dengan harapan orangtua dan masyarakat menjadikan salah satu faktor keberhasilan dalam penyelenggaraan.


Keywords


Anak Usia Dini, CIPP, Holistik Integratif

References


Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.2703

Badrujaman, A. (2011). Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling. Indeks.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Airlangga University Press.

Elyana, L. (2011). Kurikulum Holistik Integratif Anak Usia Dini dalam Implementasi Self Regulated Learning. IKIP Veteran Semarang.

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17–24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Jabar, A., Safruddin, C., & Suharsimi, A. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622

Latifah, M., & Hernawati, N. (2009). “Dampak Pendidikan Holistik pada Pembentukan Karakter dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.1.32

Masitoh, dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka.

Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran PAUD Holistik Integratif

PER-01/PJ/2017, N. (2017).Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Occupational Medicine, 53(4), 130.

Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 675–685. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2342

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT.Bumi Aksara.

Suprapto, E. (2020). KendalaSatuan PAUD dalam Penerapan PAUD Holistik Integratif (PAUH HI) di Kecamatan Salahutu dan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. 7(60), 41–53.

Suryana, D. (2019). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.

Usnawati, N., Setiyani, A., & Subagyo. (2016). Pembinaan PAUD holistik integratif dalam perspektif pencapaian target SDIDTK. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VII(3), 131–135.

Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i2.7738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.