PEMAHAMAN GURU PAUD TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU

Mirta Haryani, Zahratul Qalbi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemahaman Guru PAUD tentang Pengertian, Tujuan, Syarat-syarat, Fungsi, dan Jenis-jenis Alat Permainan Edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi berjumlah 6 orang dan sampel 6 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah NonProbability Sampling (Sampling Jenuh). Instrumen penelitian yang digunakan adalah Kuesioner (Angket) tipe checklist dengan banyak soal 25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Kuesioner (Angket), sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu dikatakan “Sangat Paham”. Dengan rincian, untuk pemahaman guru PAUD tentang Pengertian APE adalah 83% dengan keterangan Sangat Paham. Untuk pemahaman guru PAUD tentang Tujuan APE adalah 83% dengan keterangan Sangat Paham, untuk pemahaman guru PAUD tentang Fungsi APE adalah 83% dengan keterangan Sangat Paham, untuk pemahaman guru PAUD tentang ciri-ciri APE adalah 50% dengan keterangan Sangat Paham, dan untuk pemahaman guru PAUD tentang Jenis-jenis APE adalah 67% dengan keterangan Sangat Paham.

Keywords


Pemahaman, Guru PAUD, Alat Permainan Edukatif

References


AH, N. M. (2018). Penggunaan Alat Permainan

Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan

Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal

Program Studi PGRA, 4(2), 125–138.

Aprilia, K. (2016). the Use of Educational Game (Ape)

in Developing the Ability of Acquanting Size

Toward 4-5 Year Old Kids in Tk Hip Hop

Bandar Lampung.

Cindy, G. (2015). PEMAHAMAN GURU PAUD

TENTANG APE DALAM PROSES

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Journal of

Chemical Information and Modeling,

(November), 1689–1699.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan

Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.

Pendidikan, 13, 163–164.

Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Kencana.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan

anak usia dini. Prenada Media.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui

Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2),

–208.

Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. .

(2013). PEMAHAMAN GURU TENTANG

MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI.

Journal of Chemical Information and Modeling,

(9), 1689–1699.

Qalbi, Z., Merlina, S., Putera, R., Hidayati, I., & Daryat,

M. (2020). Pengaruh permainan maze

terhadap kemampuan bercerita di tk negeri 1

padang baru. 4(2), 287–294.

Rahma, D. (2017). Penggunaan Alat Permainan

Edukatif (Ape) Untuk Mendukung

Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud

Al Fikri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Untan, 6(10), 212143.

Rahmawati, A. (2014). Metode Bermain Peran dan Alat

Permainan Edukatif untuk Meningkatkan

Empati Anak Usia Dini. 3(1), 11.

Santoso, M. (2019). Rancang Bangun Game Edukatif

Duta Indonesia (Dadu Dan Peta) Indonesia.

Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran, 11(1), 20–31.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. ALFABETA,cv.

Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016).

PENERAPAN MODEL PAKEM

BERBANTUAN ALAT PERMAINAN

EDUKATIF PLASTISIN UNTUK

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK.

(1).

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM

Pembuatan Alat Permainan Edukatif ( APE )

Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota

Bandung. 7(2), 84–91.

https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177

Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel.

Modul Praktikum, 3–4.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain

Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim

Journal, 19(3), 209–215.

https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55

Villela, lucia maria aversa. (2013). PENGETAHUAN

GURU PAUD TENTANG ALAT PERMAINAN

EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN.

Journal of Chemical Information and Modeling,

(9), 1689–1699.

Vitaria, A., & Heru, S. (2016). GAMBARAN TINGKAT

PENGETAHUAN GURU TAMAN KANAKKANAK

TENTANG ALAT PERMAINAN

EDUKATIF DESCRIPTION. 9(2), 6.

Yasbiati, & Gandana, G. (2018). Alat Permainan

Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan

Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi.

Zaman, B. (2010). Pengembangan Alat Permainan

Edukatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia

Dini (PAUD).




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.