PEMAHAMAN GURU MENGENAI KEAMANAN PADA ALAT BERMAIN ANAK DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU

Siti Aisyah Meizharini, Zahratul Qalbi

Abstract


The problem in this study is the lack of understanding of PAUD teachers regarding safety in children's play equipment. This study purpose to describe the level of teacher understanding of safety in children's play equipment. The research method used is descriptive quantitative. The research population was teachers in TK Pertiwi 1 Bengkulu City. The sampling technique used nonprobability sampling or saturated sampling and the number of research samples was 6 teachers. The data collection technique used a questionnaire. Data analysis using quantitative descriptive. 66% of teachers 'understanding of the notion of security in playing tools is included in the understanding category, 66% of teachers' understanding of the security objectives of playing tools is in the understanding category, the teacher's understanding of the importance of safety in playing tools by 50% falls into the understanding category and 83% of teachers' understanding of safety standards for playing tools falls into the very understanding category. So the results of the study show that the level of teachers' understanding of safety on playing equipment falls into the understanding category Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman guru PAUD mengenai keamanan pada alat bermain anak . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru tentang keamanan pada alat bermain anak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu guru di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling atau sampling jenuh dan jumlah sampel penelitian berjumlah 6 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Pemahaman guru tentang pengertian keamanan pada alat bermain sebesar 66% masuk ke dalam kategori paham, pemahaman guru tentang tujuan kemanan pada alat bermain sebebsar 66% masuk ke dalam kategori paham, pemahaman guru tentang pentingnya kemanan pada alat bermain sebebsar 50% masuk ke dalam kategori paham dan pemahaman guru tentang standar kemanan pada alat bermain sebesar 83% masuk ke dalam kategori sangat paham. Maka  hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru mengenai keamanan pada alat bermain masuk ke dalam kategori paham.

Keywords


Pemahaman, guru, keamanan, alat, bermain

References


Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

B, H. U., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran (Aspek yang mempengaruhi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diyanti, A. O., Amiuza, C. B., & Mustikawati, T. (2014). Lingkungan Ramah Anak pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. JURNAL RUAS, 57.

Dwi, K., Muhammad, A., & Sutarmanto. (2016). ANAK DI SURABAYA. IV(2), 369–376.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Khairunnisyah, D., & Ali, M. (2015). Aturan Keamanan Area Bermain Outdoor Anak Usia Prasekolah Di Tk Lkia Iii Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4(11), 1–10.

Marlina , S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Junral Ilmiah Potensia, 83-90.

Nurfadilah, & Krisnawati, S. (2014). PENERAPAN KEAMANAN MAINAN DI LEMBAGA PAUD Nurfadilah. 124–129.

Putra, W. A. (2017). Perbandingan Alat Bermain Motorik Kasar Dan Media Motorik Halus Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(1), 86–100. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp86-100

Qalbi, z., Putera, R. F., Hidayati, I., & Daryati, M. E. (2020). PENGARUH PERMAINAN MAZE TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA. Pelita PAUD, 8.

Ronny Farwan, Muhamad Ali, L. (2015). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 4(6), 1–17. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/10636/10203

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R& D. Surakarta(Solo): CV ALFABETA.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain,Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT.Grasindo.

Wulan, S. (2017). Studi tentang Standar Keamanan dan Nilai Edukasi pada Wahana Bermain Anak Usia 3-5 Tahun di Pusat Perbelanjaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com