HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI KERJA GURU TK

Mahyuni Mahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dengan motivasi kerja guru TK se-Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru TK se-Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 41 orang. Metode yang digunakan yaitu korelasi Pearson Product Moment untuk melihat hubungan antara variabel kecerdasan spiritual dengan motivasi kerja guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dengan meggunakan program SPSS ver. 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi kerja guru TK se-Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar r_xy= 0,829 dan taraf signifikansi 0,00<0,05.Tingkat hubungan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi kerja guru termasuk dalam kategori sedang dengan nilai koefisien determinan yang dihasilkan sebesar 68,8% memiliki makna bahwa kecerdasan spiritual memberi pengaruh sebesar 68,8% terhadap motivasi kerja.

Keywords


Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. In The ESQ Way 165.

Akbar. (2017). PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT ADVANTAGE SCM CABANG MAKASSAR.

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332

Efendi, A. (2005). Revolusi kecerdasan abad 21. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, M. S. P. (2003). Organisasi dan motivasi: dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Herdiyanti, E., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2018). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Resiliensi Pendidik TK di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.1988

Khodijah, N., & Sukirman, S. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Self-Efficacy dengan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(01), 1–22.

Kunandar, G. P. I. K. T. (2007). Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Noerpratama, R. A., & Indrawati, E. S. (2018). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA. Empati, 8(1), 99–104.

Novianti, R., & Febrialismanto. (2020). The Analysis of Early Childhood Teachers’ Pedagogical Content Knowledge. Journal of Educational Sciences, 4(2), 404–413.

Riduwan, M. B. A. (2005). Belajar mudah penelitian. Bandung, Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Penerbitan (KDT).

Sastrohadiwiryo, B. S. (2002). Manajemen tenaga kerja Indonesia: Pendekatan administratif dan operasional. Bumi aksara.

Sudijono, A. (2004). Pengantar Pendidikan Statistik. PT. Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman Husaini. (2013). Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. In PT. Remaja Rosdakarya.

Zohar, D., & Marshall, I. (2001). SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Jurnal Pendidikan BPK PENABUR.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v9i1.7694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.