Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Learning terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru

Wichy Septia Rahmadini, Ria Novianti

Abstract


Based on the field observations, it can be seen that the children's independence at the age of 5-6 years,
there are still many children who are not independent yet in carrying out daily activities, so it is necessary
to use the flipped learning model. This study is aimed to determine the effect of the use of the flipped
learning model on children's independence. This research was conducted at Pembina 2 Kindergarten
Pekanbaru. This study used an experimental method with a pretest-posttest control group design with a
population of 82 children. The subject of this research is 30 children. Data collection techniques in this
study were observation. The data analysis technique used a t-test. Hypothesis test results using paired
sample t-test method obtained t value = 21.330 with a value (sig 2 tailed) = 0,000 <0.05 it is greater than
t table = 2.145, it can be concluded that there is significant effect after using the flipped learning model
that is equal to 70,44% on children's independence.

 

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dapat diketahui bahwa kemandirian anak usia 5 – 6 tahun masih banyak yang belum mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sehingga perlu menggunakan model pembelajaran flipped learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped learning terhadap kemandirian anak. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dengan jumlah populasi sebanyak 82 orang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi. Teknik analisa data menggunakan uji t-test. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode paired sample t-test diperoleh nilai t hitung = 21,330 dengan nilai (sig 2 tailed) = 0,000<0,05 lebih besar dari ttabel=2,145  maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran flipped learning yaitu sebesar 70,44% terhadap kemandirian anak.


Keywords


Flipped learning model, independence, early childhood.

References


Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Bergmann, J., & Sams, A. (2014). Flipped learning: Gateway to student engagement. International Society for Technology in Education.

Damayanti, E. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori Abstrak. 4(1), 463–470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Mehring, J., & Leis, A. (2018). Innovations in flipping the language classroom. Springer.

Munfaridah, L. (2017). Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk melatih kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Novianti, R. (2012). Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 22–29.

Qistia, N., Kurnia, R., & Novianti, R. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 61–72. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.35

Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan kemandirian anak. Yogyakarta: Stiletto Book.

Rika Sa’diyah. (2017). Pendidikan anak merupakan pendidikan yang paling mendasar menempati posisi yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia . Rentang anak usia dini adalah dari lahir sampai delapan tahun merupakan rentang usia kritis dan sekaligus strategis d. Pentingnya Melatih Kemandirian Anak, 16, 31–46.

Wiyani, N. A. (2013). Bina karakter anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v9i2.7693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.