INTRAPERSONAL INTELLIGENCE RELATIONSHIP WITH 4-6 YEARS MORAL BEHAVIOR IN RA ULUL AZMI, PEKANBARU CITY

Syukria Elfyana, Zulkifli N

Abstract


This study aims to determine the relationship between intrapersonal intelligence with moral behavior of children for ages 4-6 years at RA Ulul Azmi Pekanbaru City. The population in this study were children aged 4-6 years in RA Ulul Azmi Pekanbaru City, amounting to 40 people. Because the population population is small, the entire population is sampled, as many as 40 people. The method used in this research is quantitative correlation to see the relationship between intrapersonal intelligence with moral behavior. Data collection techniques used are observation. Data analysis techniques using product moment correlation techniques with SPSS for Windows ver 17. Based on the results of hypothesis testing there is a significant positive relationship between intrapersonal intelligence with moral behavior in children aged 4-6 years in RA Ulul Azmi Pekanbaru City. This is known from the correlation coefficient of rxy = 0.549 and a significance level of 0.000 <0.05. The level of relationship between intrapersonal intelligence with moral behavior is included in the medium category with the resulting determinant coefficient value of KD = r2 x 100% = 30.1%, meaning that intrapersonal intelligence gives an influence of 60.2% on moral behavior.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan perilaku moral anak untuk usia 4-6 tahun Di RA Ulul Azmi Kota Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun Di RA Ulul Azmi Kota Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Karena julmah populasi kecil maka seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi kuantitatif untuk melihat hubungan antara kercerdasan intrapersonal dengan perilaku moral .teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dengan  program SPSS for Windows ver 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan perilaku moral pada anak usia 4-6 tahun Di RA Ulul Azmi  Kota Pekanbaru. Hal ini diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar rxy=0,549 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Tingkat hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan perilaku moral termasuk dalam kategori sedang dengan nilai koefisien determinan yang dihasilkan adalah sebesar KD = r2 x 100% = 30,1%, memiliki makna bahwa kecerdasan intrapersonal memberi pengaruh sebesar 60,2% terhadap perilaku moral.


References


Agus Abdul Rahman. 2017. Psikolongi Sosial. Rajawali Pers. Jakarta.

Amalia wahyuni, dkk. 2016. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Siswa Dengan Perilaku Verbal Bullying Di Sd Negeri 004 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 3 (4): 36- 39. (Online). www.jurnal.unsyiah .ac.id/PEAR/article/download/7539/6206. (diakes oktober 2016).

Azhar, M H & Putri, D. E (2009). Kecerdasan moral pada anak yang mengalami deviasi mothering jurnal psikologi. Volume 2 no. 2 97-99 https://ejournal.gunadarma,acid/indexphp/psiko/article/view/410 (diakses tanggal 19 April 2019).

Azwar Saifuddin. 2013. Metode penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Borba, Michelle. 2008. Membangun Kecerdasan Moral Pada Anak. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Efendi Mares Fitri. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Presrasi Belajar Siswa IV Gugus Kecamatan Standakan Kebupaten Bantul Yogyakarta.

Hurlock, Elizabeth B. 2013. Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erilangga.

Nurul Zuriah 2015. Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan Menggagas Platfom Pendidikan Budi Pekerti Secara Konsektual Dan Futuristik. Bumi Aksara. Jakarta.

Maria j wantah. 2005. Pengembangan Displin Dan Pembentukan Moral Pada Usia Dini. Departeman Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ria Novianti. 2012. Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. EDUCHILD. Pekanbaru. Vol 7 No. 1 Tahun 2012.

Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistik. Bandung.

Saroh Hanidah. 2018. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Denga Kemandirian Anak Usia 5-6 Tanun Di Ra Madinatusalam Kecamatan Percut Sei Tuan.

Sugiyono. 2013. Statikstika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013 Prosedur Penelitiansuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v9i2.7689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.