PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MELAFALKAN HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERPADU ALMAWADAH KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

Parningsih Parningsih, Zulkifli N, Daviq Chairilsyah

Abstract


This study aims to determine the effect of the use of amination media on the ability to recite hijaiyah letters of children aged 5-6 years in Almawadah Integrated Kindergarten, Rimba Melintang District, Rokan Hilir District. In this study using quantitative research methods in the form of Experiment with one group pretest posttest design research model. 1) to find out the process of implementing animation media can imrove the pronunciation of hijaiyah letters for children aged 5-6 years in the Almawadah Integrated Kindergarten 2) to improve the pronunciation of hijaiyah letters for children aged 5-6 years in the Almawadah Integrated Kindergarten can be increased through animation media. In this study were children agrd 5-6 years in Almawadah Integrated Kindergarten, Melimbra District, Rokan Hilir Regency with 15 chilren consisting of 5 girls and boys. The test is used as a data collection technique, the data obtained is then processed using t-test to see the comparison of pretest ang posttest. From the research results obtained pretest value of 54.68% ang posttest of 81.66% and tcount of 9.248 with N-Gain value of 59.55%. so it can be concluded that the of animated media has the effect of reciting hijaiyah letters for chidren aged 5-6 years.


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan dalam melafalkan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TK Terpadu Almawadah Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk Esperimen dengan model penelitian one group pretest posttest design. 1) untuk mengetahui proses pelaksaan media animasi dapat meningkatkan dalam melafalkan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TK Terpadu Almawadah 2) untuk meningkatkan melafalkan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TK Terpadu Almawadah dapat ditingkatkan melalui media animasi. Dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Terpadu Almawadah Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah anak 15 orang anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Tes dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang didapatkan nilai pretest sebesar 54.68% dan posttest sebesar 81.66% dan thitung sebesar 9.248 dengan nilai N-Gain sebesar 59.55%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh melafalkan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun.


Keywords


Media Animasi, Melafalkan Huruf Hijaiyah Anak

References


Al-Qur’an dan Terjemahan Departemen Agama RI. 2005 Bandung : PR Syaamil Cipta Meduia.

Ahmad Annuri. 2016 Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid, Jakarta : Pustaka Al-Kausar.

Muhammad Makki Nashrul Juraisi. 2006. Nihayatu Al-Mufid fi’Ilmi Tajwid (Muassasah Qurtubah : Mesir.

Hj. Ummi Rif’ah Binti KH. Ishaq Khatib. 2001. Pedoman Tilawah Al-Qur’an, Syukur Press, Pengucapan Huruf (Jl. KH. Ahmad Madani 200 B, Jati Makmur-Pondok Gede-Bekasi.

Abdul Qadir, Muhammad bin Ahmad, 2001, “Hasiyah Ibnu Amir ‘ala Ittihafi al-Murid Syahrhi Jauhar at-Tauhid’. Dar Kutub Ilmiyah. Beirut.

Ali, Atabik, dan Muhdhar, Ahmad Zuhdi. 2002, “Kampus Al-Asri; Arab Indonesia”. Multi Karya Grafika, Pondok Krapyak. Yogyakarta.

Rita Kurnia. 2009. Metodologi Pengembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Rita Kurnia. 2010. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfaberta. Bandung.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pedidikan. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v9i1.7677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.