PENGGUNAAN METODE BERMAIN SECARA BERKELOMPOK PADA KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6

Widya Dwi Hardiyanti, Sunaring Retno Astrini

Abstract


This study aims to determine the use of play methods in groups on the ability to listen to young children
aged five to six years in kindergarten Aisyiyah XI Jagalan Jebres Surakarta class B. The method used
is a qualitative description that is equipped with quantitative data. The results of the study indicate that
the use of play methods in groups can influence the ability to listen to children aged five to six years.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bermain secara berkelompok pada
kemampuan menyimak anak usia dini berusia lima sampai dengan enam tahun di TK Aisyiyah XI
Jagalan Jebres Surakarta kelas B. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif yang dilengkapi
dengan data kuantitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain
secara berkelompok dapat memberikan pengaruh pada kemampuan menyimak anak usia lima sampai
dengan enam tahun.

 


Keywords


Bermain, Kelompok, Menyimak, dan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ariawan, V. A. N., Agustin, E. D., & Rahman. (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1), 26–39.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Ketujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hijriyah, U. (2016). Menyimak Strategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan Lampung.

Kosasih. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Ketiga). Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak (11 ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Suminah, E., Nugraha, A., Lestari, G. D., & Wahyuni, M. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v9i1.7674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.