EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS TENTANG ALAM DAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HUDA KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Reni Astuti, Zulkifli N, febrialismanto febrialismanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning
terhadap kemampuan sains alam dan lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul
Huda Kecamatan Bukit Raya Kota pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 16 orang anak, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi. Teknis analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS
24.00. hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dalam pemberian metode
pembelajaran outdoor learning terhadap kemampuan sains alam dan lingkungan pada anak
usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Berdasarkan data
analisis didapat bahwa thitung=40,334 > ttabel=2,132 dengan Sig. (2-tailed)=0,000. Dikarenakan
Sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan sains akan
alam dan lingkungan sebelum dan sesudah perlakuan. Dapat diartikan bahwa terdapat
pengaruh pemberian perlakuan dengan metode outdoor learning terhadap kemampuan sains
alam dan lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Huda Kecamatan Bukit Raya
Kota Pekanbaru adalah sebesar 54,57%.

 

skills about nature and environment of children aged 5-6 years in TK Nurul Huda Bukit Raya
District Pekanbaru City. The method of this research used experimental method with using one
group pretest-posttest design. The samples used in this study were 16 students, and than, a
data collection technique used in observation. Technique of data analysis used t-test by using
program of SPSS 24.00. The research hypothesis was to find a influence of outdoor learning
method towards a science skills about nature and environment of children aged 5-6 years in TK
Nurul Huda Bukit Raya District Pekanbaru City. Based on data we was known about tcalculated =
40,334 > ttable = 2,132 with sig. (2-tailed)=0,000. Because sig < 0,05 it can be concluded, there
is difference of science skills about nature and environment that was be done before and after
outdoor learning method treatment. If can be interpreted, there is influence of outdoor learning
method activity towards science skills about nature and environment of children aged 5-6 years
in TK Nurul Huda Bukit Raya District Pekanbaru City significant that is equal to 54,57%.


Keywords


Kemampuan sains, Outdoor learning

Full Text:

PDF

References


Adelia Vera. 2012. Media Mengajar Anak Di Luar Kelas. Diva Press. Yogyakarta.

Della Gustiana. 2016. P e n e r a p a nPembelajaran Outdoor pada Anak Usia 5-6

Tahun Kelompok B2 di TK Immanuel II. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/

view/18869. (Akses tanggal 17 Maret 2019).

Erwin Widiasworo. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor

Learning) secara aktif, kreatif, inspiratif dan komunikatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas, Outdoor Learning. Prestasi Pustaka Raya.

Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran TK. Kementrian

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2014. Kumpulan Pedoman Pembelajaran TK; Berdasarkan

Undang-Undang 137 Tahun 2014. Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta. Kementrian

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pengetahuan Sains Bagi Guru Paud.

Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.

Mitri Irianti. 2006. Dasar – Dasar Pendidikan MIPA.Cendikia Insani. Pekanbaru.

Mursid. 2010. Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Akfi Media. Semarang.

Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Saifudin Azwar. 2012. Skala Penyusunan Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Siti Atava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. DIVA Press. Jakarta.

Siti F & Zuhdan. 2014. Pembelajaran Sains. Penerbit Ombak. Yogyakarta.

Siti Khabibatur Rohmah. 2016. Pengaruh Model Outdoor Learning terhadap KemampuanSains Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita II. http://onesearch.id/Record/IOS2311.article16607?widget=1&repository_id=164. (Diakses tanggal 18 April 2019)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Grafindo. Bandung.

Yaumi Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. PT Dian Rakyat. Jakarta.

Yeni Hendriani. 2016. Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v8i1.7380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.