PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL OUTDOOR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK LABOR FKIP UNIVERSITAS RIAU

Enda Puspitasari

Abstract


Membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang untuk
membuka wawasan. Membaca awal dapat dikenalkan sejak dini yaitu dengan mengenalkan
huruf pada anak. Pada sebagian besar PAUD Kemampuaan mengenal huruf distimulasi saat
bermain dalam ruangan Indoor. Padahal aktivitas anak tidak hanya indoor, akan tetapi juga
outdoor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
visual outdoor terhadapa kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK Labor FKIP
UNRI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang akan menstimulasi kemampuan
mengenal huruf anak melalui media visual outdoor. Desain eksperimen dalam penelitian ini
one group prestest posttest. Dengan jumlah sampel 20 orang anak di TK Labor FKI UNRI. Teknik
pengambilan data menggunakan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan ttest.
Dari hasil analisis data diketahui kemampuan mengenal huruf sebelum perlakukan 57,5%,
setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 73,75 %. Sedangkan hasil t hitung = 4,365 > nilai t
tabel = 2,093, dengan nilai sig 0,000 < 0,05 atau nilai sig kecil dari 0,05sehingga dapat disimpulkan
terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di TK FKIP
UR setelah diberi perlakuan media visual outdoor.

 

Reading and writing are basic abilities that must be possessed by someone to open their horizons.
Early reading can be introduced early on by introducing letters to children. In most PAUD
Kemampuaan know letters stimulated while playing in an indoor room. Even though children’s
activities are not only indoor, but also outdoor. The purpose of this study was to determine the
effect of using outdoor visual media on the ability to recognize the letters of children aged 4-5
years in the TK FKIP UNRI. This research is an experimental research that will stimulate the
ability to recognize children’s letters through outdoor visual media. The experimental design in
this study was the one prestest posttest group. With a sample of 20 children in the TK FKI UNRI.
The data collection technique uses observation, while the data analysis technique uses t-test.
From the results of data analysis, it is known that the ability to recognize letters before treatment
is 57.5%, after being given treatment, it increases to 73.75%. While the results of t arithmetic =
4.365> value of t table = 2.093, with a sig value of 0.000 <0.05 or a small sig value of 0.05 so that
it can be concluded that there are significant differences in the ability to recognize children 4-5
years in FKIP UR after being given outdoor visual media treatment.


Keywords


Media Visual Outdoor, Kemampuan mengenal huruf

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo Soenjono. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jamaris Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Grafindo

Marlinda Dona. 2014. Skripsi (Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok A di TK Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong Propinsi Bengkulu). Bengkulu : Universitas Bengkulu

Mujayannah.2011. Skripsi (Penggunaan Gambar Untuk MeningkatkanKemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Di SDNegeri 2 KedongdongKecamatan Susukan Kabupaten Cirebon). Cirebon : IAIN Syekh Nurjati

Mutiah Dianah.2010. Psikologi Bermain Anak Usia dini. Jakarta : Kencana

S.Sadiman S.A, dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Seefeldt, Carol. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono Anas. 2005. Pengantar statistik pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Sulianah.2013. Jurnal Belia. vol 1 no 02. Mengenal konsep huruf dengan metode permainan kartu huruf pada anak.e-Journal.IKIP-Veteran ac.id

Thomas Wibowo Agung Sutjiono.2005. Jurnal Pendidikan Penabur No 04/ThIV/ Juli 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Bpkpenabur.or.id

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v8i1.7375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.