KEMAMPUAN MEMAHAMI DENAH SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR(PLAS)

Antonius Rudi, Eliana Yunitha Seran

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami denah
dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) pada kelas IIIB SD Negeri 29 nenak tembulan
tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif dan bentuk
penelitian PTK. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan
lembar observasi, soal tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa 1) Penggunaan pendekatan lingkungan alam sekitar dalam upaya
meningkatakan kemampuan memahami denah dianggap berhasil hal ini dibuktikan dari hasil
observasi guru dengan persentase siklus I 85% dan pada siklus II 100%, sedangkan hasil
observasi siswa dengan persentase siklus I 75% dan pada siklus II 90%. 2) Terjadi peningkatan
kemampuan memahami denah setelah diterapkan PLAS hal ini terbukti dari hasil tes pada
siklus I dengan nilai rata-rata 60,69 dan persentase ketuntasan klasikal 50% sedangkan pada
siklus II nilai rata-rata 72.77 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 80,55%. 3)
Penggunaan pendekatan lingkungan alam sekitar mendapat respon yang sangat baik hal ini
dibuktikan dari hasil wawancara guru dan siswa yang menyatakan senang terhadap penerapan
pendekatan lingkungan alam sekitar yang artinya dengan penerapan pendekatan lingkungan
alam sekitar pada mata pelajaran IPS terpadu materi mengenal denah mampu membantu
pemahaman terhadap materi mengenal denah yang disampaikan oleh guru pada saat proses
pembelajaran.

 


Keywords


Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS), Kemampuan Memahami Denah

Full Text:

PDF

References


Jayanti. 2017. “Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) untukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPAdi SDNegeri Karangrejek II”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudijono, 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Trianjaya. 2012. “Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Teori Di Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) SMKN 2 Yogyakarta Dan SMKN 2 Wonosari”.

Wirda. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II SD Inpres 2 Mepanga”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4 No. 6 Hal 37-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v8i1.7374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com