KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA SISWA KELAS SATU DI SDN 005 BUKIT RANAH KECAMATAN KAMPAR

Hidayatun Nur

Abstract


Preparing children before entering elementary school needs to be done. One way that can be
done is to provide education before elementary school. This education can be provided in PAUD.
Preparation of children entering elementary school, one of which is children can understand
language. Children who have the ability to understand language will be able to interact with their
environment. From the results of research conducted at 005 Public Elementary School Bukit
Ranah, Kampar District, Kampar District, it is known that two indicators are still in the category of
developing (MB), namely Understanding the rules in a game and Happy and appreciating reading
and two categories included in the category of developing according to expectations (BSH )
Understand several commands simultaneously and repeat more complex sentences.

 

Mempersiapkan anak sebelum memasuki sekolah dasar perlu untuk dilakukan. Salah satu cara
yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan sebelum sekolah dasar. Pendidikan
tersebut dapat diberikan di PAUD. Persiapan anak memasuki sekolah dasar salah satunya
adalah anak dapat memahami bahasa. Anak yang memiliki kemampuan memahami bahasa
akan dapat beriteraksi dengan lingkungannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah
Dasar Negeri 005 Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar diketahui dua indikator
masih masuk dalam kategori mulai berkembang (MB) yaitu Memahami aturan dalam suatu
permainan dan Senang dan menghargai bacaan serta dua kategori termasuk dalam kategori
berkembang sesuai harapan (BSH) Mengerti beberapa perintah secara bersamaan dan
Mengulang kalimat yang lebih kompleks.

 


Keywords


understanding language, basic students

Full Text:

PDF

References


Dinar Nur Inten (2017) Pengembangan

Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini

Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal

Komunikasi Mediator . Volume 10 Nomor 1.

Halaman 109-120.

Eka Guswarni (2012) Peningkatan Kemampuan

Membaca Awal Anak Melalui Permainan

Kartu Gambar di Taman Kanak-Kanak Negeri

Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD.

Volume 1 Nomor 1. Halaman 1-10

Khotijah, (2016). Strategi Pengembangan Bahasa

Paa Anak Usia Dini. Jurnal Elementary.

Volume 2 Edisi 2. Halaman 33-44.

Lely Ika Mariyati, 2017. Usia Jenis Kelamin Dengan

Kesiapan Masuk Sekolah Dasar. Prosiding

Seminar Nasinal Psikologi UMG. Halaman

-344.

Mohamad Rifai & Fahmi, 2017. Pengelolaan

Kesiapan Belajar Anak Masuk Sekolah

Dasar. Jurnal Tarbawi. Volume 3 Nomor 1.

Halaman 129-143.

Nur Halimah & Fajar Kawuryan, 2010. Kesiapan

Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak Yang

mengikuti Pendidikan TK Dengan Yang

Tidak Mengikuti Pendidikan TK di

Kabupaten Kudus. Jurnal Psikologi

Universitas Muria Kudus. Volume 1 Nomor 1

Desember 2010. Halaman 1-8.

Rafidah Hanum (2017) Mengembangkan

Komunikasi Yang Efektif Pada Anak Usia Dini.

Jurnal Bunayya. Volume 3 Nomor 1. Halaman

-58.

Riri Delfita, (2012). Meningkatkan Kemampuan

Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar

Dalam Bak Pasir di Taman Kanak-kanak Bina

Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Pesona

PAUD. Volume 1 Nomor 1. Halaman 1-10.

Yuliyatun (2015) Model Pendampingan Guru

Terhadap Kemampuan Membaca Anak (Studi

Kasus di Raudlatul Atfal Manbaul Falah

Sidorejo, Pamotan-Rembang). Jurnal Thufula.

Volume 3 Nomor 1 Halaman 59-78




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i2.6524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://champagne-christophe-mignon.com