GAMBARAN PENGELOLAAN KELOMPOK BERMAIN DI TK FKIP UNIVERSITAS RIAU
Abstract
This research is to find out how the description of the management of the Play Group (KB) in TK
FKIP University of Riau (UR). The research subjects in this study were one KB room in FKIP UR
with the number of indicators to be examined as many as 8 indicators and 17 sub-indicators
used. The method used is quantitative descriptive method to find out the description of family
planning management. Data collection techniques used are using observation sheets. Based
on the results of data analysis obtained the results of the percentage of 8 indicators, namely: On
the indicator of the physical arrangement of FP FKIP UR is (87.5%) the KB FKIP UR is said to be
very good (SB). Indicators of toys and KB equipment FKIP UR are (75%) the KB FKIP UR is said
to be good (B). The indicator of the ratio of caregivers of FPIP UR KB children is (75%) the KB FKIP
UR is said to be good (B). Indicators of FKIP UR’s KB daily activities are (100%) the FKIP UR KB
is said to be very good (SB). The indicator of FPIP UR KB caregiver qualification is (75%) the FKIP
UR KB is said to be good (B). Indicators of FKIP UR KB adult interaction are (100%) the FKIP UR
KB is said to be very good (SB). The indicator of the relationship with the parents of FKIP UR KB
is (100%) the KB FKIP UR is said to be very good (SB). The indicator of licensing and KB
accreditation FKIP UR is (87.5%) then in general the FP FP UR management is said to be very
good (SB).
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan Kelompok Bermain (KB) di
TK FKIP Universitas Riau (UR). Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah satu ruangan
KB di FKIP UR dengan jumlah indikator yang akan diteliti sebanyak 8 indikator dan 17 sub
indikator yang digunakan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif untuk
mengetahui gambaran pengelolaan KB tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil persentase
dari 8 indikator yaitu: Pada indikator pengaturan fisik KB FKIP UR adalah (87,5%) maka KB FKIP
UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Indikator mainan dan Peralatan KB FKIP UR adalah
(75%) maka KB FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Indikator rasio pengasuh anak KB FKIP UR
adalah (75%) maka KB FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Indikator kegiatan sehari-hari KB
FKIP UR adalah (100%) maka KB FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB). Indikator kualifikasi
pengasuh KB FKIP UR adalah (75%) maka KB FKIP UR sudah dikatakan baik (B). Indikator
interaksi orang dewasa KB FKIP UR adalah (100%) maka KB FKIP UR sudah dikatakan sangat
baik (SB). Indikator hubungan dengan orang tua KB FKIP UR adalah (100%) maka KB FKIP UR
sudah dikatakan sangat baik (SB). Indikator perizinan dan akreditasi KB FKIP UR adalah (87,5%)
maka secara umum pengelolaan KB FKIP UR sudah dikatakan sangat baik (SB).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2010. Pedoman Teknik
Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta.
Kemdikbud. 2013. Petunjuk Teknis
Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta.
Kuntjono. 2010. Strategi Pembelajaran Anak Usia
Dini. Jakarta.
Luluk Asmawati, Dkk. 2011. Pengelolaan Kegiatan
Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas
Terbuka. Jakarta.
Laura E.Berk. 2006. Child Development. Library
of congress Cataloging. Amerika
Nurlita. 2013. Program Pembelajaran PAUD.
Pekanbaru
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 58
Tahun 2009. Pendidikan Anak Usia Dini.
Departemen pendidikan nasional. Jakarta.
Saifuddin Azwar. 2012. Penyusunan Skala
Psikologi. Edisi 2. Pustaka Pelajar.
Yogyakarta .
Soemardhi. 2005. Ilmu administrasi sebagai
pengantar. STKS Bandung.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif. Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suyadi. 2014. Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/
RA). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i2.6518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.